HOME, Bugar

Anda Suka Sembelit? Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Melancarkan Pencernaan!

Anda Suka Sembelit? Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Melancarkan Pencernaan!

MOMSMONEY.ID - Sembelit atau konstipasi sering membuat seseorang yang mengalaminya jadi kewalahan. Penderita harus menghadapi berbagai keluhan yang tidak mengenakkan. 

Sembelit terjadi ketika tinja bergerak terlalu lamban dalam sistem pencernaan dan susah dikeluarkan, dikutip dari Healthline.

Penyebab sembelit sangat beragam, mulai dari perubahan pola makan, kurangnya aktivitas fisik, efek samping obat-obatan, sampai gangguan psikis.  

Lalu, bagaimana cara mengatasi sembelit? Terdapat beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk sembelit.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Jambu Air Merah untuk Kesehatan Perempuan

Mengatasi sembelit secara alami bisa dengan mengonsumi buah-buahan. Dilansir dari Mayo Clinic, konsumsi sederet buah ini untuk membantu mengatasi sembelit, antara lain:

Buah apel

Buah untuk membantu mengatasi sembelit yang pertama adalah apel. Apel mengandung sekitar 3.6 gram serat dalam satu biji.

Serat ini berfungsi menyehatkan saluran pencernaan, membantu pembentukan tinja, dan membuat buang air besar jadi lebih teratur.   

Kandungan pektin dalam buah apel bisa mempercepat waktu transit di usus besar, mengurangi gejala sembelit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Buah pir

Buah untuk membantu mengatasi sembelit yang kedua adalah pir. Buah pir juga banyak mengandung serat yang baik untuk melancarkan buang air besar.

Buah ini mengandung sorbitol (a sugar alcohol) yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus, dan merangsang buang air besar. 

Di samping itu, pir juga mengandung fruktosa yang dapat merangsang pergerakan usus. Nah, fruktosa dan sorbitol inilah yang berfungsi sebagai pencahar alami. 

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Inilah Sederet Manfaat Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Buah pepaya

Buah untuk membantu mengatasi sembelit yang selanjutnya adalah pepaya. Pepaya adalah salah satu makanan yang dapat mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan.

Buah pepaya mengandung enzim papain yang paling tinggi. Enzim ini membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pelunak daging.  

Pepaya juga kaya serat dan kandungan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit, dan meningkatkan keteraturan serta saluran pencernaan yang sehat. 

Buah kiwi

Buah untuk membantu mengatasi sembelit yang terakhir adalah kiwi. Buah yang satu ini kaya serat, satu buah kiwi berukuran sedang (69 gram) mengandung dua gram serat.

Buah kiwi terbukti merangsang pergerakan di saluran pencernaan, membantu mendorong pergerakan usus.  

Sama halnya dengan apel, menurut studi kiwi bisa membantu mempercepat waktu transit usus, mengurangi penggunaan pencahar, dan memperbaiki gejala sembelit. 

Itulah beberapa buah untuk membantu mengatasi sembelit. Jika Anda sudah mengonsumsinya tapi tidak ada hasil, segera periksa ke dokter untuk penanganan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News