Bugar

Anda Suka Durian? Ternyata Salah Satu Manfaatnya Bisa Melawan Infeksi Bakteri

Anda Suka Durian? Ternyata Salah Satu Manfaatnya Bisa Melawan Infeksi Bakteri

MOMSMONEY.ID - Durian adalah salah satu buah eksotis yang populer dari Asia Tenggara. Selain memiliki rasa yang khas, durian juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Buah yang identik dengan duri dan aromanya ini ternyata tidak hanya enak untuk disantap. Durian mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein.

Selain dinikmati mentah, banyak pula yang mengonsumsi durian dalam bentuk jus, direbus, diolah menjadi pancake atau bahkan dijadikan pendamping menu makanan utama. 

Tak hanya terkenal dengan karakteristik uniknya, durian juga mengandung vitamindan mineral yang termasuk tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan kebanyakan. 

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Morning Sickness di Awal Masa Kehamilan

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat durian yang baik untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui, antara lain: 

Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat

Buah ini mengandung serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan.

Selain serat, Anda juga bisa memenuhi asupan protein dari durian. Buah eksotis ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potassium, tembaga, riboflavin, dan tiamin. 

Mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Manfaat lain dari durian adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ini karena durian memiliki gizi yang bsia membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. 

Tak hanya itu, buah berduri ini juga diyakini mampu mengurangi risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi berkat kandungan asam lemak di dalamnya. 

Melawan infeksi bakteri

Terdapat senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik dan tanin pada kulit durian. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya harus dilakukan ekstraksi terlebih dahulu di laboratorium. 

Senyawa-senyawa ini dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat dan hal ini telah terbukti oleh suatu penelitian yang dilakukan di Bali.

Baca Juga: Ingin Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Memperkecil peluang terkena kanker

Anda juga dapat mengurangi risiko terkena kanker dengan rutin mengonsumsi buah durian. Hal ini dikaji dalam sebuah studi dari jurnal Food Chemistry. 

Selain itu, kandungan polifenol pada durian juga mengurangi aktivitas apoptosis. Apoptosis adalah salah satu proses yang memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh. 

Mencegah penuaan dini

Siapa sangka bahwa ternyata manfaat durian juga dapat menjaga kesehatan kulit? Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya berperan dalam memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, rambut rontok, bahkan gigi goyang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News