Anda Perlu Tahu! Ini Dia Manfaat dan Kandungan Gizi Air Tajin untuk Bayi

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 25 November 2021 | 12:52 WIB
Anda Perlu Tahu! Ini Dia Manfaat dan Kandungan Gizi Air Tajin untuk Bayi

ILUSTRASI. Anda Perlu Tahu! Manfaat dan Kandungan Gizi dalam Air Tajin

MOMSMONEY.ID - Air tajin atau air rebusan beras memang sudah turun-temurun dimanfaatkan oleh masyarakat. Rebusan air beras ini menurut sejumlah penelitian memiliki manfaat untuk bayi, seperti membantu memperkenalkan makanan padat pada bayi.  

Kandungan nutrisi air tajin dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang seperti halnya oralit. Tidak hanya itu, air rebusan beras ini juga membantu merawat kesehatan rambut dan kulit bayi, dilansir dari Mayo Clinic.

Dilansir dari Health Focus, Mayo Clinic, WebMD, berikut adalah berbagai manfaat minum beras yang sayang untuk dilewatkan.

1. Mengatasi gastroenteritis (flu perut pada anak)

Salah satu manfaat air tajin untuk bayi adalah mengatasi kondisi gastroenteritis atau flu perut pada anak. Flu perut umumnya ditandai dengan muntah-muntah hingga diare.

Sejumlah hasil penelitian telah menunjukkan efektivitas air beras dalam mengobati kondisi tersebut, mulai dari skala ringan hingga sedang.

Selain itu, hasil studi yang diterbitkan CDC lainnya yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan Inggris mengemukakan bahwa minum air tajin dapat mengurangi intensitas buang air besar pada bayi saat diare sehingga mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Radang Amandel Pada Anak

2. Campuran MPASI bernutrisi

Air tajin memiliki kandungan kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Selain itu, protein dalam air rebusan beras ini juga membantu menguatkan tulang bayi. 

3. Sebagai sumber energi

Pertumbuhan dan perkembangan bayi yang cepat membutuhkan asupan energi yang lebih banyak. Air tajin bisa menawarkan manfaat sebagai sumber energi anak.

Air tajin mengandung karbohidrat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan energi bayi Anda.

4. Menjadi sunscreen alami 

Manfaat air tajin untuk bayi lainnya yakni sebagai sunscreen alami yang dapat melindungi kulit si Kecil dari sinar matahari.

Selain melindungi kulit dari sinar matahari, air tajin juga menutrisi kulit bayi karena mengandung tinggi vitamin B, asam amino dan vitamin E. 

5. Menjaga kesehatan kulit bayi

Air rebusan beras dipercaya membantu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit buah hati Anda. Kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi sebagai antipenuaan sehingga membuat kulitnya selalu tampak lebih muda.

Selain itu, kandungan air tajin juga diyakini bermanfaat dalam perawatan eksim dan dermatitis pada bayi.

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa minyak dari beras mengandung asam ferulik, gamma-oryzanol, dan asam fitat yang sering ditambahkan pada produk kosmetik dan beberapa jenis obat kulit.

Baca Juga: Apa Itu Adenovirus? Kenali Cara Penularan Risiko Penyakitnya

Perlu diingat pula bahwa tidak semua bayi dapat meminum air rebusan beras. Ini karena beberapa anak mungkin memiliki alergi terhadap kandungan beras.

Jadi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan air tajin pada bayi. Dengan demikian, manfaat air tajin untuk bayi akan didapat secara optimal.

Selanjutnya: Cek harga mobil bekas Toyota Corolla Altis murah, Rp 50 jutaan per November 2021

Editor: Helvana Yulian
Terbaru