HOME, Bugar

Anda Perlu Tahu Bahaya Minum Teh Panas untuk Kesehatan

Anda Perlu Tahu Bahaya Minum Teh Panas untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Sebagian orang mungkin termasuk Anda lebih suka menikmati teh saat masih panas. Sayangnya, Anda harus menghilangkan kebiasaan tersebut karena ternyata cukup berbahaya untuk kesehatan. Minum teh panas ternyata bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

Sebuah studi menyebutkan, orang yang mengonsumsi sekitar 700 mililiter teh panas per harinya punya risiko terhadap penyakit kanker kerongkongan. Risiko tersebut bisa meningkat hingga 90 persen jika dikonsumsi dalam suhu lebih tinggi dari 60 derajat Celcius. 

Kerongkongan merupakan jalur yang akan dilewati oleh makanan, minuman, dan air liur saat masuk ke dalam tubuh. Makanan panas yang masuk secara terus-menerus akan mengubah lapisan yang ada di dalamnya. Jika dibiarkan, akan muncul tumor di dalam sana. 

Baca Juga: Daun Mint Ampuh Sembuhkan Asma sampai Mengatasi Sakit Kepala

Bukannya bermanfaat bagi kesehatan, semua yang berlebihan bisa menimbulkan bahaya. Beberapa bahaya minum teh berlebih yang mungkin terjadi di antaranya sebagai berikut.

1. Memicu stres, cemas berlebih, sulit istirahat 

Tak hanya kopi, daun teh pun mengandung kafein. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dari teh bisa menyebabkan rasa cemas berlebih, stres, hingga sulit beristirahat.  Dalam satu cangkir teh, terdapat 11-61 mg kafein.

Angka ini bisa berbeda bergantung pada jenis teh dan cara mengolahnya.  Beberapa penelitian menyebut konsumsi 200 mg kafein setiap harinya bisa menyebabkan cemas berlebih, terutama bagi mereka yang sensitif. 

2. Kualitas tidur buruk 

Bahaya minum teh saat panas selanjutnya adalah membuat kualitas tidur menjadi buruk.  Kandungan kafein dalam teh dapat membatasi produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang memberi sinyal pada otak untuk tidur.  Lebih jauh lagi, kualitas tidur yang buruk dapat merembet ke banyak hal negatif lainnya. 

3. Mengurangi penyerapan zat besi 

Lagi-lagi kandungan tannin dalam teh bisa mengikat kandungan zat besi pada menu tertentu sehingga tidak mudah diserap saluran pencernaan.  Akibatnya, bahaya minum teh saat panas yang juga mungkin terjadi adalah mengalami kekurangan zat besi.  

Baca Juga: Menakjubkan ! 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kecantikan

4. Sakit kepala 

Bahaya minum teh panas justru bisa menyebabkan sakit kepala, karena kandungan kafein di dalamnya.  Setiap individu memiliki toleransi yang berbeda akan berapa asupan kafein yang bisa menyebabkan sakit kepala.  Apabila Anda merasakan sakit kepala berkepanjangan dan kerap terjadi usai minum teh, coba kurangi konsumsi dan lihat perubahannya. 

5. Mual 

Bahaya minum teh saat perut kosong adalah menyebabkan rasa mual. Terlebih, jika teh yang dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan tannin dalam teh bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan. Konsekuensinya, perut bisa terasa nyeri hingga mual.  Seberapa berdampaknya teh pada pencernaan seseorang bergantung pada sensitivitas masing-masing. 

Teh bisa menjadi minuman yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan yang terlalu panas. Menunggunya hingga suhunya turun merupakan cara terbaik untuk menikmati teh sekaligus mendapatkan manfaatnya.

Selanjutnya: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Penyakit Reumatik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News