HOME, Keluarga

Anda Penggemar Berat Daging? Ketahui 4 Bagian Daging Sapi yang Enak Dikonsumsi

Anda Penggemar Berat Daging? Ketahui 4 Bagian Daging Sapi yang Enak Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Jika Anda penggemar berat daging, terutama daging sapi, maka ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui. Terdapat beberapa bagian pada tubuh sapi yang memiliki daging paling enak untuk dikonsumsi.

Nah, kini MomsMoney akan mengajak Anda untuk menyimak beberapa bagian pada daging sapi yang memiliki daging paling lezat dan menjadi favorit bagi banyak orang. Biasanya, bagian-bagian ini menjadi incaran di beberapa restoran daging, loh!

Sudah penasaran, kan? Merangkum dari Mashed, The Spruce Eats, Mimir Books, dan Taste of Home, langsung saja simak artikel yang berikut ini!

Baca Juga: Mengenal Teknik Memasak Bain Marie, Yuk Cari Tahu!

Daging sapi

Baca Juga: Resep Cheese Cake yang Lumer di Mulut

Ribeye steak

Ribeye steak merupakan bagian dari daging sapi yang diambil dari tulang rusuk. Daging ribeye ini merupakan salah satu jenis daging yang paling berharga, enak, dan jika di restoran daging jenis ini harganya cukup mahal.

Kualitas daging ribeye itu sendiri dapat dilihat dari banyaknya marbling atau guratan berwarna putih pada daging. Guratan putih tersebut merupakan jaringan lemak pada serabut otot. Guratan tersebut mirip dengan pola marmer.

Marbling sendiri membuat daging menjadi lembut dan enak disantap karena ia akan meleleh ketika dimasak. Itulah yang menyebabkan semakin banyak serat putih pada daging sapi, semakin enak pula daging tersebut ketika sudah dimasak. Begitu pula yang terjadi pada ribeye.

Pada ribeye itu sendiri, biasanya dipenuhi oleh marbling sehingga rasanya luar biasa enak.

Baca Juga: Resep Dendeng Balado Pedas Asli Dari Padang

Tenderloin

Daging sapi pada bagian tenderloin adalah bagian daging paling empuk & menjadi favorit di restoran-restoran steak.

Pada bagian tenderloinlah biasanya para koki bisa mendapatkan ‘Filet Mignon’ dan ‘Chateaubriand’.

Filet mignon merupakan potongan daging sapi yang paling mahal dan lembut. Filet mignon berada pada bagian paling ujung dari potongan lancip tenderloin yang menjorok ke bagian Short Loin pada tubuh sapi.

Sementara chateaubriand merupakan bagian daging pada tenderloin yang berbentuk tebal. Daging sapi chateaubriand itu sendiri mengacu pada “potongan steak besar dari bagian paling tebal pada tubuh sapi".

Baca Juga: Resep Ikan Gurame Acar Kuning, Sajian Tinggi Protein untuk Santapan Hari Ini

T-Bone Steak

Bagian pada sapi

T-bone steak merupakan daging yang dipotong dari bagian depan short loin pada sapi jantan. Daging T-bone merupakan bagian daging yang rasanya enak dan tentunya memiliki tekstur yang baik.

Menurut Wikipedia, disebut dengan T-Bone karena bentuk tulangnya yang menyerupai huruf T. Pada bagian ini, daging yang paling besar diperoleh dari bagian has luar, sedangkan yang kecil dari has dalam.

Baca Juga: Resep Praktis Sambal Nanas Terasi yang Bikin Mata Jadi Merem Melek

Chuck

Chuck merupakan bagian pada daging sapi berupa pundak ke leher. Menurut taste of home, biasanya bagian ini merupakan bagian yang kaya akan rasa dan tentunya memiliki banyak daging.

Daging sapi pada bagian ini sedikit keras namun sangat beraroma. Untuk dapat melunakkan daging bagian yang satu ini, Anda bisa memasaknya dengan merebus atau memanggangnya menjadi sebuah masakan olahan. Kedua hal tersebut mampu secara efektif membuat daging chuck melunak.

Nah itu dia Moms, bagian-bagian pada daging sapi yang paling enak dikonsumsi. Sekarang Moms tidak akan salah lagi jika ingin mengolah daging-daging tersebut menjadi masakan yang enak dan empuk di lidah.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Resep Bebek Kaleyo yang Empuk Selezat Buatan Restoran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News