Anda Mengalami Trust Issue? Cek Tandanya Berikut Ini

Reporter: Christ Penthatesia
Jumat, 26 November 2021 | 09:39 WIB
Anda Mengalami Trust Issue? Cek Tandanya Berikut Ini

ILUSTRASI. Trust issue atau krisis kepercayaan adalah salah satu penghalang dalam suatu hubungan.

MOMSMONEY.ID - Trust issue atau krisis kepercayaan adalah suatu permasalahan yang bisa menimpa siapa pun dalam usia berapa pun.

Trust issue juga bisa terjadi dalam sebuah hubungan personal antara dua orang. Namun, trust issue juga bisa saja terjadi di luar hubungan sepasang kekasih, seperti dalam hubungan sahabat atau keluarga.

Baca Juga: Yuk, Cek Dulu Apakah Anda Berada Dalam Hubungan Yang Sehat

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang memiliki krisis kepercayaan atau trust issue.

Mendorong jauh orang-orang

Melansir dari laman Bustle, orang-orang yang memiliki trust issue memiliki kesulitan dalam menjalin kedekatan dengan orang lain walaupun menyukai kebersamaannya. Sehingga, kecenderungan untuk mendorong jauh orang terdekatnya bisa saja terjadi. Hal tersebut dikarenakan adanya ketakutan untuk dilukai karena pengalaman di masa lalunya.

Memiliki negatif overthinking

Orang-orang dengan trust issue selalu memikirkan hal-hal negatif yang belum tentu terjadi. Seperti dikhianati, perselingkuhan, atau pun ditinggalkan. Skenario-skenario terburuk yang ada di pikiran orang-orang dengan trust issue bisa menjadi tanda adanya krisis kepercayaan pada pasangan, sahabat, maupun orang lain.

Baca Juga: Sering Melihat Angka Kembar? Bisa Jadi Itu Angel Number, Berikut Penjelasannya

Menjauhi komitmen

Laman Mind Body Green menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki krisis kepercayaan atau trust issue memiliki kesulitan dalam hal komitmen. Orang-orang yang mengalami trust issue akan terus mempertanyakan banyak hal yang tidak pasti sehingga cenderung menjauhi komitmen pada akhirnya.

Menutup diri

Ketakutan untuk ditinggalkan atau tidak disukai merupakan tanda dari orang-orang yang mengalami trust issue. Sehingga akan muncul kecenderungan untuk menutup diri dan merahasiakan pemikirannya bisa menjadi sebuah tanda orang-orang dengan trust issue.

Memiliki perasaan overprotective

Overprotektive juga merupakan salah satu tanda seseorang mengalami trust issue. Karena ketakutan yang dirasakan dan dipikirkan sendiri, orang-orang dengan trust issue cenderung menjadi lebih overprotective dengan dirinya dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

 

Selanjutnya: Yuk, Tonton Serial Komedi Berikut Ini untuk Isi Kegiatan Weekend

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru