ads

Anda Mengalami Sariawan? Sembuhkan dengan Obat Alami Ini

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 28 November 2021 | 11:25 WIB
 Anda Mengalami Sariawan? Sembuhkan dengan Obat Alami Ini


MOMSMONEY.ID - Sariawan sering kali membuat penderitanya sulit makan dan minum. Ada beberapa obat sariawan alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi rasa nyeri sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka sariawan. 

Penyebab pasti munculnya sariawan belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu. 

Meski sariawan tidak berbahaya, rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan pun sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, yakni sekitar satu sampai dua minggu karena memang memiliki waktu pemulihan yang lumayan lama. 

Baca Juga: Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga

Dilansir dari Mayo Clinic, anda bisa mengatasi sariawan membandel dengan pilihan obat sariawan alami, di antaranya sebagai berikut ini. 

1. Madu

Madu menjadi obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup mengoleskan madu di atas sariawan. Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih. 

2. Kantong teh chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. 

Caranya sangat mudah, yaitu dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut.

Kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari. 

3. Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan alami di area lidah atau bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. 

Lalu, manfaat lain dari kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh. Di mana pada beberapa kasus, panas dalam diyakini sebagai salah satu penyebab timbulnya sariawan. 

Baca Juga: Selain Nikmat, Kolang-Kaling Juga Baik untuk Kesehatan

4. Larutan garam

Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan. 

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda. 

6. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di area mulut Anda bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, coba untuk mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. 

Rasa sejuk yang berasal dari es batu bisa menjadi obat sariawan alami karena dapat meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang terdapat sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut. 

Jika berbagai obat sariawan alami di atas tidak membuat sariawan Anda sembuh atau setidaknya membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. 

Anda juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter, bila sariawan muncul secara berulang, semakin melebar dan menyebar, terasa sangat nyeri, serta berlangsung selama 3 minggu atau lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER