HOME, Bugar

Anda Mengalami Ambeien? Sembuhkan dengan Sederet Obat Alami Ini

Anda Mengalami Ambeien? Sembuhkan dengan Sederet Obat Alami Ini

MOMSMONEY.ID - Ambeien disebut juga hemoroid biasanya menandakan adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena dekat anus, dikutip dari Everyday Health. 

Penyebab ambeien pun beragam seperti kekurangan serat, duduk terlalu lama, atau kehamilan dan bisa karena faktor keturunan.

Penyakit ambeien ini biasanya ditandai dengan adanya gumpalan dekat anus, buang air besar (BAB) berdarah, dan rasa gatal pada anus yang disertai nyeri.  

Baca Juga: Anda Suka Sembelit? Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Melancarkan Pencernaan!

Untuk menyembuhkan gejala ambeien, Anda bisa mencoba berbagai obat alami. Dilansir dari Web MD, di bawah ini beberapa obat alami untuk menyembuhkan ambeien, antara lain:

Minyak kelapa

Obat alami untuk menyembuhkan ambeien yang pertama adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat anti-peradangan yang bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Sifat analgesik pada minyak ini pun berpeluang mengurangi rasa tidak nyaman akibat ambeien. Sementara itu, efek pencahar pada minyak kelapa juga membantu meredakan kondisi sembelit.  

Cuka apel

Obat alami untuk menyembuhkan ambeien yang kedua adalah cuka apel. Bahan alami ini terbuat dari fermentasi apel yang diubah menjadi asam asetat.  

Kandungan asam asetat dalam cuka apel diduga dapat membantu mengecilkan jaringan. Selain itu, jenis asam ini bersifat anti-bakteri.

Witch hazel

Obat alami untuk menyembuhkan ambeien yang selanjutnya adalah witch hazel. Witch hazel termasuk bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal ambeien.

Witch hazel mengandung zat tanin yang diklaim bersifat anti-peradangan dan anti-bakteri. Maka dari itu, witch hazel dapat mengurangi rasa gatal dan sakit yang dialami penderita ambeien.

Anda bisa mendapatkan witch hazel sebagai obat alami ambeien dalam bentuk tisu, sabun anti-gatal, atau cairan.  

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Penyakit Liver

Garam epsom dan gliserin

Obat alami untuk menyembuhkan ambeien yang keempat adalah garam epson dan gliserin. Rendam garam epson dan gliserin dalam air hangat.

Dokter merekomendasikan penderita ambeien untuk duduk dalam rendaman air hangat dan garam epsom selama 15 menit. Bisa dilakukan 4 kali sehari terutama setelah buang air besar. 

Metode yang dikenal dengan Sitz bath ini diklaim dapat membantu menghilangkan rasa gatal, sensasi terbakar, dan peradangan yang dialami wasir.  

Lidah buaya

Obat alami untuk menyembuhkan ambeien yang terakhir yakni gel lidah buaya. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi yang menawarkan sensasi sejuk yang bisa menenangkan dan melemaskan. 

Kandungan arakuinon pada lidah buaya pun memiliki khasiat mengencangkan dinding saluran pencernaandan mendorong isi usus keluar lebih lunak.

Walaupun demikian, obat alami untuk ambeien ini bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Periksa dan konsultasi terlebih dulu kepada dokter sebelum menggunakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News