Bugar

Anda Menderita Asam Urat? Coba Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Anda Menderita Asam Urat? Coba Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menderita asam urat, ada beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk membantu menyembuhkannya.

Penderita asam urat perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya. Menjaga pola makan merupakan salah satu cara untuk mengobati asam urat.

Selain menghindari makanan tinggi purin, ada beberapa makanan yang bisa mengobati asam urat jika dikonsumsi secara tepat dan rutin.

Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan pembentukan kristal pada sendi yang mengakibatkan peradangan pada sendi yang mengakibatkan rasa sakit.

Gejala penyakit asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba berupa nyeri tajam dan terkadang terasa sangat berat.

Jika kadar asam urat yang tinggi ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan beberapa penyakit lainnya.

Asam urat sendiri adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan ketika kadar asam urat tinggi dalam darah, ini menyebabkan kristal dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Oleh sebab itu, pola makan yang menjaga asam urat penting dilakukan agar dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Nah, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic dan Verywell Health, inilah makanan yang baik untuk penderita asama urat yang bisa dikonsumsi secara rutin, antara lain: 

1. Ubi Jalar

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang pertama adalah ubi jalar. Sayuran yang berasal dari akar seperti ubi jalar dan wortel mengandung jumlah purin paling rendah.

Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ubi jalar dan wortel termasuk ke dalam sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2. Terong dan tomat

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang kedua adalah terong dan tomat. Terong dan tomat merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Tak hanya rendah purin, terung dan tomat juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Ini Sederet Manfaat Makan Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

3. Brokoli

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang ketiga adalah brokoli. Kandungan vitamin C di dalam sayuran hijau, seperti brokoli. 

Brokoli  juga dapat menurunkan kadar asam urat sehingga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

4. Kentang

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang selanjutnya adalah kentang. 

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang kelima adalah kacang-kacang. Penderita asam urat umumnya dianjurkan untuk menjauhi protein hewani.

Agar asupan protein dalam tubuh tetap terjaga, konsumsi kacang-kacangan dapat menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan kacang termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi.

6. Minyak zaitun

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang keenam minyak zaitun. Olahan yang diberi minyak zaitun dapat menjadi makanan penurun asam urat, lo.

Minyak zaitun mengandung zat-zat antiinflamasi dan antioksidan sehingga berkemampuan untuk membantu tubuh mengatasi penyakit asam urat.

7. Lobak

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang lainnya adalah lobak. Lobak memiliki khasiat yang luar biasa untuk menurunkan kadar asam urat.

Zat yang terkandung di dalam lobak diketahui efektif untuk mengeluarkan asam urat berlebih melalui pencernaan.

8. Bayam

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang kedelapan adalah bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung purin.

Namun, menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat. 

Baca Juga: Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Sederet Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan

9. Apel 

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang berikutnya adalah jamur. Masukkan apel ke dalam menu makan harianmu, setidaknya beberapa buah saja.

Apel terkenal akan asam malat atau biasa disebut juga sebagai asam apel yang dapat menetralisasikan kadar asam urat di dalam darah.

Saking bagusnya, apel digelari predikat makanan terbaik untuk penderita asam urat

10. Jamur

Makanan yang baik untuk penderita asama urat yang selanjutnya adalah jamur. Jamur kaya akan serat dan rendah kalori.

Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

Selain menjaga pola makan agar tetap sehat, penting juga untuk menjaga perubahan gaya hidup lain yang dapat membantu mencegah asam urat.

Hal ini termasuk menjaga berat badan tetap sehat, berolahraga, tetap terhidrasi, kurangi minuman alkohol dan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati kan Moms? Makanan penyebab asam urat memang bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari.

Hal tersebut membuat kita harus berhati-hati dan mulai mengurangi konsumsi makanan penyebab asam urat.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk membantu menyembuhkannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News