Anda Harus Waspada, Berikut 4 Gejala Usus Buntu

Penulis: Belladina Biananda
Senin, 21 Juni 2021 | 18:35 WIB
Anda Harus Waspada, Berikut 4 Gejala Usus Buntu

MOMSMONEY.ID - Radang usus buntu terjadi saat organ itu tersumbat sehingga mengalami inflamasi. Salah satu cara untuk menghindari masalah yang lebih parah adalah dengan mewaspadai gejala usus buntu.

Sebab, jika terus dibiarkan, ada banyak lendir atau parasit yang mengganggu kesehatan. 

Sampai saat ini, belum dapat dipastikan apa fungsi utama usus buntu. Namun, organ itu dipercaya berpengaruh pada sistem imun tubuh. Jadi, kondisinya perlu Anda jaga supaya kondisi tubuh secara keseluruhan tetap sehat.

Memerhatikan ciri-ciri radang usus buntu, artinya Anda bisa mendapat perawatan yang lebih cepat. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda dapat tertolong sebelum Anda mengalami masalah kesehatan yang lebih serius.

Sakit perut

Usus buntu terletak di perut bagian kanan bawah. Mengutip dari Healthline, gejala usus buntu yang banyak dialami oleh penderitanya adalah sakit perut.

Saat usus buntu semakin meradang, kondisi itu dapat melukai dinding perut sehingga nyeri dan kram di perut lebih terasa.

Tapi, ada beberapa kasus di mana usus buntu terletak di belakang usus besar. Hal itu mengakibatkan rasa sakit yang bermula di perut menjalar ke bagian tubuh yang lain. Misalnya, di pinggang dan panggul.

Baca Juga: Usus buntu, berikut gejala dan penyebabnya yang perlu Anda waspadai

Sistem pencernaan terganggu

Radang usus buntu mengakibatkan sistem pencernaan terganggu. Gejala usus buntu yang biasanya Anda alami adalah mual dan muntah.

Tidak berhenti sampai di situ, radang usus buntu juga mampu menurunkan nafsu makan dan menyebabkan Anda mengalami diare atau sembelit.

Salah satu gejala usus buntu adalah demam.

Baca Juga: Bisa kanker, berikut 5 arti nyeri perut sebelah kanan yang Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru