HOME, Bugar

Anda Harus Tahu, Ini Dia Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Anda Harus Tahu, Ini Dia Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Jeruk (Citrus sinensis) adalah salah satu buah berwarna oranye yang cukup populer karena rasa manis alaminya. Buah ini juga memiliki berbagai jenis dengan manfaat yang berbeda-beda.

Buah jeruk menjadi salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin cukup tinggi. Tidak hanya itu, jeruk juga merupakan sumber serat, folat, hingga antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada buah jeruk membuatnya menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Healthline, berikut ini sejumlah khasiat buah jeruk bagi kesehatan. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Buah ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah jeruk sangat terkenal akan kandungan vitamin C-nya. Satu buah jeruk berukuran sedang diketahui dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Terpenuhinya kebutuhan vitamin C ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi jeruk, Anda bisa terhindar dari beragam jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau COVID-19.

2. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya

Selain meningkatkan fungsi otak, jeruk ternyata berkhasiat bagi ibu hamil dan janinnya. Pasalnya, jeruk adalah sumber vitamin C, folat, dan air yang dibutuhkan oleh ibu hamil. 

Kandungan air yang banyak dalam sebuah jeruk membantu ibu hamil untuk tetap terhidrasi. Selain itu, vitamin C dan folat di dalamnya membantu mencegah kerusakan sel dan menyerap zat besi untuk tubuh.

Dilansir dari Mayo Clinic, folat yaitu senyawa vitamin B yang membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf janin. Kondisi ini dapat memicu kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada calon bayi. 

3. Menurunkan kolesterol

Bukan cuma omega-3 yang terkandung dalam ikan saja yang mampu menurunkan kolesterol. Buah yang satu ini juga oke kok untuk membantu memangkas kolesterol jahat karena kandungan serat larut di dalamnya. Ingat, kadar kolesterol yang normal dalam tubuh bisa meminimalkan dirimu terserang berbagai risiko penyakit.

4. Mencegah dehidrasi

Manfaat jeruk untuk anak yang berikutnya adalah mencegah dehidrasi. Hal ini karena dalam satu buah jeruk, 80%-nya adalah air. Namun, tentunya Bunda tidak boleh bergantung hanya pada jeruk, tapi juga harus tetap memenuhi kebutuhan cairan Si Kecil melalui air putih, ASI, atau susu formula.

Baca Juga: Wow, Daun Kelor Ternyata Bermanfaat untuk Kecantikan. Anda Perlu Tahu!

5. Melindungi kulit

Kulit membutuhkan berbagai nutrisi dari dalam. Salah satunya tentu dari konsumsi makanan yang menyehatkan kulit, seperti jeruk. Buah yang kaya vitamin C ini mengandung beta-karoten, antioksidan yang bisa melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Itulah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Namun, jika kamu telah memiliki riwayat GERD atau maag, tidak ada salahnya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Selanjutnya: 5 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News