HOME, Bugar

Anda Harus Tahu! Ini Dia 4 Manfaat Kandungan Calendula untuk Kulit

Anda Harus Tahu! Ini Dia 4 Manfaat Kandungan Calendula untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Calendula cukup sering dimanfaatkan sebagai kandungan alami yang mampu menenangkan kulit sensitif dan kemerahan. Calendula officinalis atau pot marigold adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Asteraceae.

Calendula cocok dipakai untuk Anda yang mengalami masalah kulit jerawat, kulit sensitif dan kemerahan. Supaya lebih memahami calendula, simak penjelasan tentang manfaat calendula untuk kulit bersumber dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Menenangkan Kulit Sensitif

Manfaat calendula untuk kulit yang pertama adalah dapat menenangkan kulit sensitif. Calendula memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu membatasi kehilangan air trans-epidermal, yang pada gilirannya memperkuat pertahanan kulit terhadap potensi iritasi. Pada penelitian 2013 dalam jurnal Advances in Dermatology and Allergology, menjelaskan bahwa calendula dapat membantu menenangkan kondisi kulit iritasi, sensitif, eksim dan psoriasis. 

2. Menghidrasi Kulit

Manfaat calendula untuk kulit selanjutnya yaitu menghidrasi kulit. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan asam linoleat yang menyediakan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi penghalang kulit. Ketika fungsi penghalang kulit sehat, menghasilkan kulit menjadi lembab dan kenyal. 

Baca Juga: Jangan Gunakan 4 Bahan Ini Jika Tak Ingin Kulit Wajah Anda Rusak

3. Kaya Akan Antioksidan Alami

Calendula ternyata mampu melindungi kulit dari stres oksidatif. Stres oksidatif adalah istilah umum untuk menggambarkan kerusakan yang terjadi ketika kulit terpapar radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi, yang mengakibatkan penuaan dini, kerusakan kolagen dan elastin, serta sejumlah masalah kulit lainnya.

Selain itu, calendula kaya akan antioksidan alami, termasuk flavonoid, polifenol, dan karotenoid, yang semuanya dapat membantu menetralisir dan melindungi kulit dari radikal bebas, serta membatasi efek negatifnya pada kulit. 

4. Antimikroba

Manfaat calendula untuk kulit lainnya yaitu sebagai antimikroba. Anda perlu tahu bahwa tubuh dipenuhi oleh triliunan mikroba—termasuk bakteri dan jamur—yang secara kolektif disebut mikrobioma. Dalam kadar seimbang, mikrobioma ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Tetapi, jika saat salah satu jenis menjadi terlalu banyak, bisa timbul masalah kulit, seperti jerawat. Sifat antimikrobanya membuat calendula berguna dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan ruam, kata dokter kulit bersertifikat, Joshua Zeichner, MD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News