HOME, Bugar

Anda Harus Tahu! Ini 4 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur

Anda Harus Tahu! Ini 4 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur

MOMSMONEY.ID - Banyak sekali kandungan skincare yang memilik manfaat yang baik untuk kulit Anda. Rasanya ingin mencoba produk yang ini dan itu tanpa Anda sadari ternyata ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dicampurkan.

Anda harus memilih salah satu produk skincare atau memberi jeda waktu saat digunakan produk skincare tersebut. Hal ini dilakukan supaya kulit Anda tidak mengalami masalah seperti iritasi dan kemerahan. Melansir dari senka.id, berikut empat kandungan skincare yang tidak boleh dicampurkan, yaitu: 

1. Salicylic Acid dan Retinol

Kandungan skincare yang tidak boleh dicampur pertama yaitu Salicylic Acid dan Retinol. Kandungan Salicylic Acid banyak ditemukan pada produk skincare untuk kulit berjerawat. 

Salicylic acid sendiri mempunyai banyak fungsi, seperti mengangkat komedo, menghilangkan jerawat, dan mengurangi produksi minyak berlebih. Walaupun memiliki banyak manfaat, Salicylic Acid memiliki tingkat iritasi yang cukup tinggi bagi kulit, sama seperti dengan Retinol.

Saat mencampurkan Salicylic Acid dan Retinol dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari, sehingga kulit berisiko mengalami dampak buruk dari sinar UV lebih tinggi meskipun sudah menggunakan sunscreen.

2. Retin- A dan Scrub

Kandungan skincare yang tidak boleh dicampur selanjutnya yaitu Retin- A dan Scrub. Anda jangan mengira bahwa Rentin-A sama dengan Retinol karena keduanya berbeda. Retin-A adalah kandungan turunan dari Vitamin A yang bekerja untuk meningkatkan pergantian pada sel kulit.

Retin-A juga bekerja sebagai pengelupas kulit alami untuk menggantikan kulit baru, sehingga kulit menjadi halus dan lembut. Scrub memiliki fungsi yang sama dengan Retin-A nih, yaitu sebagai pengelupas kulit.

Scrub merupakan butiran halus yang dikenal sebagai physical exfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari menggunakan Retin-A dan scrub secara bersamaan untuk menghindari eksfoliasi secara berlebihan yang dapat menimbulkan kulit menjadi iritasi dan merah-merah.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Mudah Mengetahui Skin Tone pada Wajah di Sini

3. Vitamin C dan AHA

Vitamin C dan AHA juga termasuk kandungan skincare yang tidak boleh dicampur penggunaannya. Walaupun kedua kandungan ini dapat mencerahkan kulit Anda, tetapi Anda harus menghindarinya. Alasannya karena Vitamin C sendiri memiliki kandungan asam aktif, sama seperti dengan kandungan AHA.

Mencampurkan kedua bahan ini hanya akan mengganggu keseimbangan pH kulit dan dapat memicu iritasi pada kulit. Solusinya, Anda bisa memberi jarak pemakaian kedua kandungan ini, misalnya skincare dengan kandungan Vitamin C di pagi hari, serta AHA untuk malam hari.

4. Water-based dan Oil-based

Kandungan skincare yang tidak boleh dicampur lainnya yaitu Water-based dan Oil-based. Seperti yang Anda tahu bahwa air dan minyak adalah dua hal yang sulit untuk bersatu, sama halnya dengan produk skincare.

 Ketika menggabungkan kedua bahan skincare ini, kulit Anda tidak akan bisa menerima manfaat dari skincare yang water-based karena terhalangi penyerapannya oleh skincare oil-based. Oleh sebab itu, mulai perhatikan lagi produk skincare Anda. Supaya Anda bisa mendapatkan fungsi dari masing-masing skincare dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News