Bugar

Anda Harus Tahu, 5 Nutrisi Berikut Harus Dipenuhi Selama Bulan Puasa

Anda Harus Tahu, 5 Nutrisi Berikut Harus Dipenuhi Selama Bulan Puasa

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa nutrisi yang sebaiknya harus Anda penuhi selama bulan puasa.

Agar ibadah puasa berjalan lancar, sangat disarankan untuk selalu memilih jenis makanan dan minuman terbaik saat sahur maupun berbuka puasa. 

Selain untuk asupan seharian berpuasa, memilih makanan yang tepat juga penting untuk memastikan pemenuhan nutrisi saat puasa yang dibutuhkan tubuh.  

Memilih makanan sehat dan asupan nutrisi tepat saat puasa adalah hal yang penting.

Mengonsumsi makanan sehat bukan berarti hanya terpaku pada satu atau dua jenis makanan saja. 

Biar puasa lancar, cobalah untuk mengonsumsi menu makanan yang bervariasi, tentunya harus dilengkapi dengan serat dari buah dan sayur. 

Saat berpuasa, penting untuk lebih banyak mengonsumsi air putih dan makanan yang mengandung air. Hal ini penting dilakukan untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.  

Supaya Anda terhindar dari berbagai serangan penyakit dan tetap lancar saat berpuasa, pastikan Anda memenuhi kebutuhan tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan saat puasa. 

Dirangkum dari Healthline dan Medical News Today, inilah beberapa nutrisi yang harus dipenuhi selama bulan puasa, antara lain:  

Baca Juga: Luar Biasa Moms! Ini Manfaat Rambutan yang Sangat Baik untuk Kesehatan

1. Karbohidrat

Nutrisi yang harus dipenuhi selama bulan puasa pertama adalah karbohidrat. Nutrisi satu ini juga sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa. 

Pasalnya, karbohidrat menjadi sumber energi utama yang akan digunakan oleh tubuh untuk menunjang segala aktivitas Anda sehari-hari. 

Kurangnya asupan karbohidrat pada tubuh tentu akan membuat Anda merasa lesu dan kurang bertenaga. 

Supaya tidak cepat lapar, Anda bisa memilih menu sahur berupa karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau oatmeal. 

2. Lemak

Nutrisi yang harus dipenuhi selama bulan puasa kedua adalah lemak. Anda tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan berlemak untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.  

Karena jenis lemak yang Anda butuhkan adalah lemak baik alias High Density Lippoprotein (HDL).

HDL bisa Anda dapatkan dari makanan seperti ikan, alpukat, biji-bijian, bayam, dan minyak zaitun. 

Baca Juga: Moms, Ini 7 Olahraga yang Bisa Dilakukan setelah Salat Tarawih saat Bulan Puasa

3. Protein

Nutrisi yang harus dipenuhi selama bulan puasa ketiga adalah protein. Protein tak hanya berperan untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh Anda. 

Nutrisi makro ini juga penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi, meskipun sedang berpuasa. 

Anda bisa memilih telur, ayam, atau ikan daripada daging sebagai menu saat bersantap sahur. Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi banyak garam karena bisa cepat merasa haus. 

4. Serat

Nutrisi yang harus dipenuhi selama bulan puasa keempat adalah serat. Serat juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol sehingga tubuh akan terjaga kesehatannya. 

Nutrisi satu ini tak hanya bisa Anda dapatkan pada berbagai sayur-sayuran, tetapi juga pada beberapa makanan sumber karbohidrat, seperti beras merah, hitam, atau cokelat. 

Baca Juga: Cara Ampuh Menjaga Gula Darah Tetap Normal saat Bulan Puasa

5. Vitamin dan mineral

Nutrisi yang harus dipenuhi selama bulan puasa kelima adalah vitamin dan mineral. Jangan lupa konsumsi sayur dan buah-buahan.  

Tubuh Anda juga butuh asupan vitamin dan mineral, dan buah serta sayur adalah sumber terbaik yang bisa Anda dapatkan. 

Buah yang mengandung banyak air bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu, sehingga Anda akan terhindar dari rasa haus selama berpuasa. 

Supaya menu sahur Anda lebih sehat dan lengkap, jangan lupa konsumsi vitamin C, susu, dan madu, atau ketiganya tetapi dalam rentang waktu yang berbeda. 

Itulah berbagai jenis nutrisi yang harus dipenuhi selama bulan puasa dan bia membantu tubuh tetap fit dan juga kesehatan tubuh terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News