HOME, Bugar

Anda Harus Tahu, 5 Bagian Daging Sapi Ini Sangat Nikmat Dikonsumsi

Anda Harus Tahu, 5 Bagian Daging Sapi Ini Sangat Nikmat Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Daging sapi memang menjadi favorit banyak orang. Namun, ada orang-orang yang memang memilih untuk mengonsumsi bagian-bagian tertentu karena kesehatan.

Sebelum memasak daging sapi, perhatikan juga kebersihan daging saat membeli maupun mengolahnya. Berikut ini adalah 5 bagian daging sapi yang paling enak untuk disantap, selain juga mengandung berbagai manfaat dan nutrisi untuk tubuh.

1. Has dalam atau tenderloin

Apabila Anda mencari bagian dengan tekstur paling empuk, has dalam atau tenderloin adalah pilihan tepat. Tenderloin merupakan bagian punggung sapi sekaligus menjadi bagian yang paling empuk. 

Bahkan, bagian ini lebih empuk dibanding sirloin. Selain teksturnya yang empuk, kelebihan tenderloin tidak memiliki lemak.

Baca Juga: Jenis-Jenis dan Manfaat Vitamin B yang Diperlukan Tubuh

2. Iga Sapi atau Rib

Daging iga memang terkenal karena lemaknya yang menempel cukup tebal, sehingga tekstur yang dihasilkan lebih gurih dibanding bagian sirloin sekalipun.

Iga sapi cocok digunakan untuk memasak sup, BBQ, semur, ataupun soto juga bisa memanfaatkan bagian ini.  

3. Gandik atau Topside

Apabila kamu ingin membuat rendang, bagian inilah yang paling tepat. Gandik atau topside merupakan bagian terluar dari paha belakang sapi. Dari segi tekstur, daging bagian ini memang cenderung padat dengan sedikit lemak. 

Untuk olahannya sendiri, gandik atau topside paling cocok untuk dijadikan empal, dendeng, atau rendang. Dengan teksturnya yang padat, pengolahan gandik atau topside ini biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama. 

Baca Juga: Manfaat Memakan Serangga dan Beberapa Jenis Serangga yang Boleh Dikonsumsi

4. Buntut atau Oxtail

Bagian buntut sapi atau oxtail memiliki tekstur yang kenyal dan lembut jika pengolahannya benar. Proses memasak bagian ini memang harus lebih lama.

Pematangan tersebut dilakukan agar daging yang dihasilkan lebih kaya gelatin sehingga rasa sop buntut yang kamu buat akan lebih gurih. 

5. Brisket atau Sandung Lamur

Brisket atau sandung lamur ini biasa dikenal dengan sebutan tetelan. Daging brisket ini diambil dari bagian punggung sapi. Biasanya bagian daging sapi brisket cocok diolah dengan metode masak lambat.

Bagian daging brisket mempunyai tekstur yang juicy dan kenyal.  Walaupun cenderung dihindari, terutama bagi anda yang sedang menjalani program diet dan gaya hidup sehat. Namun bagi beberapa orang lainnya bagian ini cukup diminati. 

Kira-kira bagian daging sapi mana yang ingin Anda masak? Pastikan memilih bagian daging sapi yang sesuai agar masakan yang akan dibuat nanti lebih nikmat disantap. 

Selanjutnya: Ampuh Menurunkan Berat Badan, dengan Diet Telur Asin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News