HOME, Bugar

Anda Ambeien? Coba Lakukan Pengobatan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah Berikut Ini

Anda Ambeien? Coba Lakukan Pengobatan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Ambeien atau wasir adalah peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Pembengkakan terjadi akibat meningkatnya tekanan di bagian bawah rektum dan anus, dilansir dari Healthline.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan tekanan tersebut, antara lain sering sembelit sehingga harus mengejan keras saat BAB, diare, obesitas, kehamilan, atau kurang asupan makanan berserat.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab BAB Berdarah yang Perlu Anda Ketahui

Dirangkum dari Healthline, terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati ambeien di rumah, seperti berikut ini.

1. Minyak mineral dan essential oil

Ada banyak pilihan minyak mineral dan essential oil yang dapat digunakan sebagai obat alami ambeien.

Beberapa contohnya adalah minyak kelapa, minyak vitamin E, petroleum jelly, serta minyak esensial yang mengandung chamomile, ekstrak kacang almond, dan minyak ikan.

Beberapa macam minyak tersebut berfungsi untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ambeien.

Selain itu, minyak tersebut juga dapat berfungsi sebagai pelembap yang dapat mengurangi keluhan gatal dan perih akibat iritasi kulit pada anus.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu obat ambeien tradisional yang dapat Anda gunakan di rumah. Mengoleskan minyak kelapa sebagai obat ambeien alami dapat berfungsi untuk mengurangi iritasi dan pembengkakan.

Sebaiknya, gunakan minyak kelapa asli untuk mengobati ambeien dibandingkan penggunaan krim atau lotion yang mengandung minyak kelapa.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah sebagai obat ambeien alami.

Tanaman ini mampu mengurangi peradangan pada ambeien dan meringankan rasa perih atau gatal pada anus akibat ambeien. Lidah buaya juga dapat membantu pemulihan pada ambeien yang mengalami luka.

Baca Juga: Susah Buang Air Besar? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini

4. Es batu

Obat ambeien tradisonal berikutnya yang bisa Anda manfaatkan adalah kompres es batu. Mengompres es batu pada area anus dapat membantu mengurangi rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan sementara.

Anda cukup membungkus beberapa es batu menggunakan kain atau handuk bersih. Lalu, kompres area anus yang terasa sakit selama 15 menit.

5. Mandi air hangat dengan garam epsom

Mandi air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. Coba gunakan bak mandi duduk supaya kamu bisa merendam area yang nyeri.

Mandi air hangat dengan garam Epsom bisa menjadi obat alami ambeien dan bisa dilakukan selama 20 menit setelah setiap buang air besar.

Menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi juga dapat memberikan kelegaan dengan mengurangi rasa sakit.

Namun jika beberapa obat alami ambeien di atas tidak kunjung memberikan perubahan, kamu sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Anda pun sekarang bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit supaya lebih praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News