ads

Anak Tiba-Tiba Tantrum di Tempat Umum? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 10:40 WIB
Anak Tiba-Tiba Tantrum di Tempat Umum? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya


MOMSMONEY.ID - Tantrum umum terjadi pada anak kecil kapan pun dan di mana pun termasuk di tempat umum.

Saat tantrum terjadi di rumah, mungkin Anda tidak sekewalahan itu untuk mengatasinya mengingat rumah tergolong tempat yang aman. Namun, saat tantrum terjadi di tempat umum, apa yang biasanya Anda lakukan Moms?

Alih-alih mengkhawatirkan pandangan orang-orang kepada Anda atau anak yang sedang mengalami tantrum, alangkah baiknya Anda menerapkan 5 tips yang dilansir dari Motherly dan No Label ini untuk mengatasi tantrum pada anak di tempat umum dengan tenang namun tetap efektif.

Baca Juga: Cermati Beragam Risiko Ini yang Ditanggung Asuransi Jiwa

1. Bawa anak ke tempat yang tenang

Jika Anda merasa bahwa tantrum yang sedang dialami anak di tempat umum tidak dapat dihentikan, bawalah mereka ke tempat yang cenderung tenang. Ini bisa sudut taman yang sepi atau sudut ruangan yang tidak terdapat orang di dalamnya.

Saat menerapkan langkah ini guna menghentikan tantrum anak, pastikan untuk tidak marah dan tidak memberi tahu anak bahwa mereka telah merusak hari Anda. Sebaliknya, katakan kepada anak bahwa Anda akan membawa mereka ke suatu tempat yang tenang.

2. Tetap tenang

Marah-marah atau meneriaki anak agar mau diam justru akan membuat mereka semakin kesal. Jadi, usahakan untuk berbicara kepada anak Anda dengan suara yang tenang dan pelan saat mereka mengalami tantrum.

Jika Anda merasa kesulitan untuk tetap tenang saat menghadapi tantrum anak di tempat umum, cobalah untuk menutup mata Anda kemudian berhitunglah sampai 10 secara perlahan sebelum kembali berbicara kepada anak.

3. Alihkan perhatian anak

Distraksi dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi tantrum anak bahkan di tempat umum. Bila digunakan dengan tepat, distraksi berpotensi mengakhiri tantrum dengan cepat.

Beberapa ide distraksi untuk mengalihkan perhatian anak dari tantrumnya antara lain menyanyikan lagu favorit mereka, menunjukkan mereka sesuatu yang menarik, atau melakukan sesuatu yang tidak terduga seperti menari dan memainkan game konyol. Jadi, siapkanlah alat pengalih perhatian sebelum memutuskan untuk mengajak anak ke tempat umum. Disarankan untuk menyiapkan beberapa alat pengalih perhatian guna berjaga-jaga jika satu alat tidak bekerja pada saat itu.

4. Abaikan keberadaan orang asing

Sering kali, orang tua rentan cemas tatkala anak mengalami tantrum di tempat umum akibat tatapan tidak ramah dari orang asing yang ada di sekitar mereka.

Namun, ketahuilah bahwa orang-orang asing yang sedang mengawasi Anda tersebut sebenarnya tidak peduli. Oleh sebab itu, singkirkan bayangan mereka dari pikiran Anda dan berfokuslah hanya pada anak Anda yang sedang dilanda tantrum. Meskipun Anda merasa semua orang sedang memerhatikan Anda, tapi ingatlah bahwa kebanyakan orang tersebut sebenarnya terlalu sibuk dengan diri mereka sendiri dan tidak benar-benar memerhatikan Anda atau tantrum si kecil.

5. Hadiahi respons baik anak

Apabila si kecil berhasil menghentikan tantrumnya dengan cepat dan efisien, selalu ingat untuk memberikan mereka pujian. Jika anak mulai menampakkan tanda-tanda tantrum lagi, ingatkan anak tentang betapa baiknya perilaku mereka sejauh ini dan banjirilah mereka dengan banyak pujian.

Anda juga bisa membuat bagan hadiah di rumah untuk diisi dengan stiker jika anak mampu berperilaku baik. Apabila anak mampu berhenti mengamuk dan menenangkan dirinya, isilah bagan tersebut dengan stiker khusus yang bisa ditukar dengan hadiah menarik. Dengan berfokus pada perilaku positif anak, kemungkinan besar mereka akan termotivasi untuk terus berperilaku baik dan tenang bahkan di tempat umum.

Nah, itulah 5 kiat mengatasi tantrum pada anak di tempat umum. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER