HOME, Keluarga

Anak Tak Suka Makan Sayur dan Buah? Begini Cara Mengajarinya

Anak Tak Suka Makan Sayur dan Buah? Begini Cara Mengajarinya

MOMSMONEY.ID - Sayur dan buah merupakan bahan pangan nabati yang mengandung beragam nutrisi seperti vitamin, air, serat, dan masih banyak lagi. Melihat kandungannya yang baik, sayur dan buah sangat disarankan untuk masuk ke dalam menu harian.

Bagi orang dewasa, sayur dan buah mungkin dianggap sebagai makanan yang enak-enak saja untuk dikonsumsi. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada anak-anak. Karena, tidak sedikit dari mereka yang tidak mau memakannya.

Susah-susah gampang, mengajarkan anak agar mau makan sayur dan buah bisa diakali dengan cara-cara berikut ini:

Memberikan Contoh

Cara pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan memberikan contoh kepada anak. Moms harus menunjukkan secara langsung kepada anak bahwa Moms juga suka makan sayur dan buah setiap hari.

Baca Juga: Olahan Sayur Ini Mudah Dibuat dan Cocok untuk Anak-Anak

Ketika anak sering melihat orang tuanya makan sayur dan buah, maka mereka akan menganggap hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan. Jika sudah demikian, maka keinginan anak untuk ikut makan sayur dan buah pun meningkat.

Selalu Sediakan Buah dan Sayur Setiap Hari

Bagaimana anak bisa kenal dan suka buah dan sayur jika di rumah saja tidak ada? Untuk itu, Moms perlu nih untuk memasukkan buah dan sayur ke dalam menu harian.

Moms bisa menjadikan sayur sebagai bahan yang harus selalu ada pada setiap masakan yang Moms buat. Selain itu, Moms juga perlu menyediakan buah-buahan segar di atas meja makan. Tidak harus sekaligus banyak, setidaknya buah yang disediakan berbeda-beda setiap harinya.

Tak hanya di meja makan, Moms bisa juga menyediakan irisan buah-buahan dan infused water berisi potongan buah di dalam kulkas. Tidak lupa pula membawakan anak bekal sekolah berisi sayur dan buah dengan tampilan yang lucu dan menarik.

Mulai dengan yang Manis-Manis

Supaya anak tidak kaget, Moms bisa mengenalkan buah-buahan bercitarasa manis terlebih dahulu. Sebagai tahap perkenalan awal, buah-buahan seperti pisang dan nangka tepat untuk Moms pilih.

Agar perkenalan dengan buah-buahan lebih menarik, sesekali Moms bisa mengajak anak untuk melakukan blind tasting. Minta anak untuk menebak buah apa yang sedang ia makan sembari matanya ditutup. Dengan melakukan kegiatan tersebut, dijamin anak akan antusias untuk mengenal lebih jauh tentang buah-buahan.

Setelah anak-anak sudah banyak mengenal buah-buahan manis, Moms bisa mulai mengenalkan buah-buahan dengan citarasa asam. Hal tersebut dilakukan supaya anak tidak hanya tahu dan suka dengan buah yang itu-itu saja.

Jadikan Sebagai Camilan

Ketika berkumpul dengan anak, sediakanlah buah atau olahan sayur sebagai pelengkap kebersamaan. Kurangi camilan berbahan pengawet dan beralihlah ke buah dan olahan sayuran.

Moms bisa menyediakan buah potong, jus buah, atau makanan ringan yang terbuat dari sayur. Jika dilakukan dengan konsisten, maka anak akan terbiasa untuk tidak makan jajanan yang tidak sehat.

Sembari menikmati camilan, Moms bisa sekalian menjelaskan kandungan dan manfaat yang ada di dalam camilan yang sedang dimakan.

Nah Moms, itulah beberapa cara yang bisa Moms coba untuk mengajak anak makan sayur dan buah. Ketika anak sudah mau makan sayur dan buah, jangan lupa untuk mengapresiasinya.

Moms bisa membuat laporan harian berisi buah dan sayur apa saja yang sudah anak makan. Kalau laporannya bagus, Moms bisa memberikan anak hadiah berupa mainan atau makanan favorit mereka.

Selanjutnya: Bikin Sehat! Ini 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News