HOME, Keluarga

Anak Susah Minum Obat? 4 Tips Ini Bisa Anda Coba untuk Mengatasinya

Anak Susah Minum Obat? 4 Tips Ini Bisa Anda Coba untuk Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Minum obat bagi orang dewasa tentu akan terasa mudah. Namun, apa jadinya jika anak-anak yang harus melakukan hal ini?

Seperti yang kita tahu, kebanyakan obat memiliki cita rasa pahit. Sehingga, tidak mengherankan jika rata-rata anak tidak suka atau kesusahan untuk minum obat karena mereka cenderung menyukai sensasi manis.

Untuk membantu anak minum obat dengan lebih mudah, berikut MomsMoney bagikan tipsnya yang bisa Anda coba. Melansir dari laman RSUD Lasinrang, Ciputra Hospital, dan Morinaga Platinum, inilah 4 tips untuk mengatasi anak yang susah minum obat.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan yang Rentan Terjadi pada Wanita Menopause

1. Berikan anak es krim sebelum minum obat

Sesaat sebelum minum obat, Anda bisa memberikan anak Anda yang berusia 5 tahun ke atas es krim favorit mereka. Biarkan anak mengisap es krimnya sebentar sebelum obat diberikan. Cara ini berguna untuk membantu membuat lidah anak mati rasa sehingga obat dapat turun dengan lancar.

Jika tidak ada es krim, Anda bisa meminta anak mengisap es serut atau es batu dengan potongan kecil supaya anak tidak tersedak. Atau, masukkan obat ke dalam lemari es (bukan freezer) terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak guna memberikan sensasi yang lebih baik pada lidah anak.

2. Selipkan obat ke dalam makanan atau minuman

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak lebih mudah minum obat adalah menyelipkan obat tersebut ke dalam makanan atau minuman. Anda bisa mencampurkan obat ke dalam makanan atau minuman bercita rasa mencolok seperti bubur atau jus buah.

Namun, sebelum Anda menerapkan cara ini, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker guna menghindari interaksi obat yang tidak diinginkan.

3. Cicipi obat di depan anak

Guna meyakinkan anak bahwa rasa obat yang akan mereka minum tidaklah terlalu buruk, Anda dapat menunjukkannya dengan cara mencicipi obat tersebut di hadapan anak. Selain bisa meyakinkan anak untuk meminumnya, cara ini juga akan menjadi motivasi bagi anak terutama ketika mereka sedang berada di fase tidak mau kalah dan suka dengan tantangan baru.

Jika obat tersebut berupa paracetamol dan antibiotik, Anda tetap bisa mencicipinya secara aman asalkan dengan dosis yang sangat kecil misalnya satu tetes. Namun, jika obat tersebut tidak aman untuk dicicipi, carilah obat lainnya yang sekiranya mirip dan tentunya lebih aman untuk Anda cicipi.

4. Teteskan obat ke mulut bagian dalam

Dikarenakan indra pengecap terletak di bagian depan dan tengah lidah, maka hindari untuk menyuapi anak obat ke bagian tersebut. Sebagai gantinya, teteskan obat menggunakan pipet atau spuit ke sela-sela antara gusi dan pipi anak. Cara ini tergolong cukup ampuh untuk mencegah anak merasakan pahit atau manisnya obat yang mereka minum.

Supaya anak tidak tersedak, pastikan untuk tidak meneteskan obat terlalu dalam ya Moms.

Nah, itulah 4 tips yang bisa Anda coba untuk membantu anak minum obat dengan lebih mudah. Bersamaan dengan tips-tips di atas, jangan lupa juga untuk menciptakan suasana yang menyenangkan selama anak minum obat dan tawarkan hadiah kepada anak supaya mereka lebih bersemangat untuk minum obat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News