Keluarga

Anak Sering Mimpi Buruk? Ini 4 Tips untuk Membantu Anak Mengatasi Mimpi Buruk

Anak Sering Mimpi Buruk? Ini 4 Tips untuk Membantu Anak Mengatasi Mimpi Buruk

MOMSMONEY.ID - Tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, mimpi buruk juga bisa menghantui anak-anak. Inilah 4 tips untuk membantu anak mengatasi mimpi buruk.

Cenderung mengganggu, mimpi buruk pada anak bisa terjadi ketika mereka sedang mengalami perubahan dan stres misalnya pindah sekolah atau kelahiran adik baru, mengutip Hello Sehat.

Tak sampai di situ, mimpi buruk juga dapat disebabkan oleh kebiasaan anak yang gemar menonton tayangan menyeramkan.

Lalu, apa saja hal yang bisa orang tua lakukan saat si kecil bermimpi buruk? Melansir ParentCircle, inilah 4 tips untuk membantu anak mengatasi mimpi buruk:

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Orang Tua Hindari Saat Mengatasi Tantrum pada Anak

1. Hibur anak

Jika anak Anda terbangun di tengah malam setelah memimpikan hal-hal yang menakutkan, segera tenangkan mereka. Berusahalah untuk tetap berada di sampingnya sampai anak tertidur kembali.

Mungkin sulit bagi anak-anak untuk memahami perbedaan antara fantasi dan kenyataan. Maka dari itu, jelaskan perihal perbedaan tersebut dengan sebaik mungkin.

Tidurlah bersama anak Anda apabila mereka belum cukup besar. Ini dilakukan untuk membuat anak mengetahui bahwa di dekat mereka ada orang dewasa yang akan memberikannya kepercayaan diri.

Saat anak Anda sedang menceritakan peristiwa mengerikan yang terjadi di dalam mimpinya, dengarkanlah dengan sabar.

Namun, jangan sampai Anda menekan mereka untuk mengingat-ingat mimpi buruknya karena itu akan membuat anak semakin tertekan. Katakan saja kepada anak bahwa setiap orang pasti pernah bermimpi buruk dan apa yang terjadi di dalam mimpi tersebut tidaklah nyata.

2. Kurangi faktor penyebab anak mengalami stres

Kendati Anda memiliki sedikit kendali atas mimpi buruk yang anak alami dan tidak dapat secara langsung mencegahnya, namun Anda tetap bisa melakukan banyak hal untuk memastikan bahwa anak terbebas dari stres di siang hari.

Pada dasarnya, mimpi buruk bisa terjadi akibat kecemasan yang dialami anak saat mereka terjaga. Jika Anda menemukan anak Anda khawatir di siang hari, cobalah untuk mencari tahu penyebabnya.

Apabila kekhawatiran anak merupakan hasil dari peristiwa traumatis, maka Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain kecemasan, mimpi buruk di malam hari juga bisa terjadi karena pengalaman anak pada saat jam bangun. Anda harus memastikan bahwa anak Anda tidak menonton konten kekerasan atau horor pada siang hari.

Hindari juga untuk menjadikan perwujudan monster sebagai referensi untuk menakut-nakuti anak hanya supaya mereka mau berperilaku baik. Pasalnya, cara ini hanya akan menambah ketakutan anak.

Baca Juga: Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan saat Proses Tumbuh Kembang Anak

3. Habiskan waktu bersama

Luangkan waktu setidaknya setengah jam setiap malam untuk dihabiskan bersama anak sebelum mereka pergi tidur.

Gunakan waktu ini untuk menceritakan kisah inspiratif tentang keberanian, mendiskusikan peristiwa dan pengalaman di hari itu, memainkan permainan yang menyenangkan, atau mendengarkan lagu-lagu bernuansa ceria dan bahagia.

Jangan lupa juga untuk mengajarkan atau membiasakan anak berdoa sebelum tidur. Dengan begini, anak pun akan mendapatkan kekuatan mental saat harus berhadapan dengan mimpi buruk.

4. Ciptakan suasana yang positif

Ciptakanlah suasana yang nyaman di kamar tidur anak Anda. Untuk mewujudkannya, Anda bisa melakukan berbagai cara yang tentunya kreatif.

Anda dapat menghiasi kamar tidur anak dengan aksesori kartun favorit mereka. Atau, sematkan catatan yang berisi pemikiran positif di dinding kamar.

Terkadang, anak bisa menjadi mudah takut karena kegelapan. Alih-alih memadamkan lampu secara total dan memperburuk keadaan, alangkah baiknya Anda tetap menyalakan lampu bercahaya redup saat anak tidur.

Lakukan kebiasaan ini selama beberapa waktu sampai anak cukup berani dan percaya diri untuk tidur dalam kondisi gelap.

Itulah 4 tips untuk membantu anak mengatasi mimpi buruk. Apabila anak terus bermimpi buruk dalam waktu yang lama, sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental.

Soalnya, mimpi buruk yang terus-menerus dapat menunjukkan masalah emosional dan perlu ditangani sedini mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News