Bugar

Anak Sering Batuk dan Mudah Lelah? Ini Sederet Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak

Anak Sering Batuk dan Mudah Lelah? Ini Sederet Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet gejala awal penyakit asma pada anak yang perlu diketahui orang tua, salah satunya adalah sering batuk dan mudah lelah.

Asma adalah salah satu penyakit yang umum dialami anak-anak. Sayangnya, tidak semua orangtua paham betul mengenai tanda atau gejalanya. 

Gejala awal penyakit asma pada anak umumnya cenderung mirip seperti penyakit pernapasan lain sehingga sering kali terlewatkan.  

Ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit asma pada anak, mulai dari faktor riwayat kesehatan keluarga hingga pengaruh lingkungan sekitar, dilansir dari Allergy Asthma Network.

Pada anak-anak, ada beberapa gejala asma yang bisa dikenali pada awal kemunculannya dan sebagainya sebagai orang tua mengetahuinya.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut ini adalah sederet gejala awal penyakit asma pada anak yang perlu diketahui orang tua antara lain: 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Polip Hidung yang Perlu Anda Ketahui

1. Batuk

Gejala awal penyakit asma pada anak yang pertama adalah sering batuk tanpa sebab. Tak melulu batuk kering, batuk berdahak pun bisa jadi salah satu ciri asma.

Biasanya batuk karena asma muncul saat anak sedang bermain, tertawa, menangis, atau tidur di malam hari. 

Sebenarnya, batuk merupakan reaksi alami ketika ingin mengeluarkan atau menyingkirkan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, pembengkakan dan penyempitan yang terjadi di saluran pernapasan nyatanya juga bisa memicu kondisi serupa. 

2. Mudah lelah

Gejala awal penyakit asma pada anak yang kedua adalah mudah lelah meskipun tidak melakukan aktivitas berat dan sering. 

Anak yang mengalami asma juga cenderung mudah lelah dan terlihat lesu. Tubuhnya akan terasa lemas dan enggan untuk melakukan aktivitas bersama teman-temannya. 

Selain itu, anak yang mengidap penyakit ini juga cenderung mengalami kesulitan tidur di malam hari. Hal ini bisa muncul akibat kesulitan bernapas atau sesak napas. 

Selain itu, susah tidur juga bisa disebabkan oleh gejala batuk-batuk yang dialami anak dengan penyakit asma.  

Baca Juga: Waspada Batuk Berdarah, Ini Sederet Gejala Kanker Paru yang Perlu Diwaspadai

3. Sesak napas

Gejala awal penyakit asma pada anak yang selanjutnya adalah sesak napas yang memiliki intensitas yang sering.

Akan lebih mungkin untuk mengalami sesak napas atau napas megap-megap yang disertai dengan dada naik-turun tak beraturan saat asmanya kambuh. 

Biasanya, gejala asma pada anak yang satu ini terjadi ketika mereka selesai melakukan aktivitas fisik yang berat. Aktivitas tersebut seperti berlarian ke sana kemari tanpa henti. 

4. Mengi

Gejala awal penyakit asma pada anak yang terakhir adalah mengi. Mengi alias napas berbunyi juga bisa muncul sebagai gejala asma.

Pengidap penyakit ini umumnya akan mengeluarkan suara “ngiik” saat bernapas atau saat mengembuskan napas.  

Tidak semua anak akan mengalami gejala asma yang sama. Bahkan, gejala asma pada anak pun bisa berbeda-beda dan terus memburuk dari waktu ke waktu. 

Penting untuk cepat mengobati gejala asma pada anak begitu Anda mengenalinya. Tanpa perawatan yang baik, gejala asma yang dialami anak dapat semakin memburuk.

Itulah sederet gejala awal penyakit asma pada anak yang perlu diketahui orang tua agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News