HOME, Keluarga

Anak Sekolah Tatap Muka? Persiapkan Hal-Hal Ini, Moms

Anak Sekolah Tatap Muka? Persiapkan Hal-Hal Ini, Moms

MOMSMONEY.ID - Pemerintah kembali membuka area sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka secara terbatas di setiap daerah. Tentunya kebijakan ini menjadi perhatian khusus bagi setiap orangtua, khususnya Moms di rumah. Mulai dari perlengkapan sekolah, hingga bekal untuk si kecil di sekolah.

Sebagai panduan Moms di rumah, berikut ulasan dr. Putri Sakti DP, M.Gz, SpGK, AIFO-K mengenai hal-hal yang perlu disiapkan ketika si kecil memulai pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah.

Pertama, bekal yang dikonsumsi anak-anak di masa pandemi sebaiknya yang dapat mengoptimalkan sistem imunitasnya agar tidak mudah terpapar virus covid 19 maupun penyakit infeksi lainnya.

“Sistem imunitas anak akan terbentuk dengan baik jikan konsumsi nutrisinya berkalori cukup sesuai kebutuhan harian dan bergizi seimbang. Begitu juga dengan bekal sekolah anak di masa pandemi sebaiknya tidak memilih makanan yang tinggi kalori tetapi rendah nutrisi,” ujarnya.

Baca Juga: Ide Resep Kudapan Simpel untuk Bersantai Sambut Weekend Tiba

dr. Putri bilang bekal yang sehat adalah makanan yang cukup kalori dan kaya nutrisi. Seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin. Contohnya bekal sekolah anak yang bergizi seimbang seperti sandwich yang mengandung protein hewani telur, sayur selada dan tomat, diberi tambahan variasi kacang seperti edamame atau almond sebagai protein nabati, serta buah potong. 

"Batasi memberi anak bekal sekolah yang tinggi kalori rendah nutrisi seperti makanan produksi pabrik," tuturnya.

Kedua, sebaiknya selama masa pandemi, anak diedukasi agar mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan mengurangi membeli jajanan di sekolah. Sebaliknya, anak diajarkan untuk membawa bekal dari rumah yang tentunya lebih higienis, sehat dan bergizi seimbang.

"Hindari jajanan yang tinggi kandungan gula garam, lemak atau yang berpengawet serta makanan olahan pabrik," pungkas dr. Putri.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Memilih Tempat Tidur Anak yang Tepat? Ini Dia Tipsnya

Ketiga, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak yang optimal, Moms perlu memenuhi kebutuhan makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak sehat. Selain itu, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Dia bilang, semua jenis vitamin dan mineral perlu dikonsumsi secara cukup dan bervariasi agar bisa mengoptimalkan pembentukan sistem imunitas anak.

"Beberapa vitamin yang harus ditingkatkan untuk imunitas terutama A, B, C, D, dan E. Sedangkan beberapa mineral yang harus ditingkatkan untuk imunitas terutama zat besi, seng dan selenium," tuturnya.

Terakhir, selain nutrisi yang tepat dan bergizi seimbang, aktivitas fisik atau olahraga yang cukup dan rutin yaitu minimal 60 menit per hari perlu dilakukan. Pola tidur antara 7-9 jam per hari dan manajemen stress seperti membuat anak-anak selalu bahagia dan mengelola emosinya penting diperhatikan orangtua. 

"Selain itu, penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan anak setiap harinya agar sistem imunitas semakin optimal," jelas dr. Putri.

Bagaimana Moms, sudah siap untuk keperluan si kecil sekolah tatap muka?

Selanjutnya: Sebaiknya Jangan Katakan Tidak Ketika Anak Anda Bertanya 5 Hal Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News