Keluarga

Anak Remaja Anda Gemar Berperilaku Narsis? Begini Tips Menghadapinya

Anak Remaja Anda Gemar Berperilaku Narsis? Begini Tips Menghadapinya

MOMSMONEY.ID - Narsisme mengacu pada keadaan pikiran di mana anak remaja mulai berpikir hebat tentang dirinya sendiri dan penampilan fisiknya. Saat narsisme melekat pada diri anak Anda, kemungkinan mereka akan menjadi egois karena selalu membicarakan kelebihannya sendiri seperti bakat, penampilan, atau kemampuannya.

Para peneliti mengungkapkan bahwa anak remaja saat ini cenderung ingin menerapkan gaya hidup mewah tapi tidak mau bekerja keras untuk mencapainya. Faktanya, kecenderungan ini dapat meningkatkan tren narsistik pada anak remaja.

Nah, ketika Anda menyadari bahwa anak remaja Anda gemar berperilaku narsis, ada 4 tips yang perlu Anda terapkan untuk menghadapinya dengan tepat. Melansir MomJunction, inilah penjelasannya.

Baca Juga: Apa Itu Hypnoparenting? Inilah Pengertian Hypnoparenting dan Cara Mempraktikkannya

1. Perhatikan anak

Mungkin, Anda berpikir bahwa memberikan perhatian merupakan hal yang tidak boleh dilakukan apabila anak remaja Anda memiliki pandangan diri yang begitu tinggi. Namun, sering kali, sikap anak yang cenderung narsis bisa disebabkan oleh keinginan mereka untuk mendapatkan perhatian dari Anda.

Jadi, Anda harus memberi tahu anak tentang betapa pentingnya dan berharganya mereka serta jelaskan alasan mengapa mereka begitu spesial di mata Anda. Langkah ini tergolong sangat bagus untuk membuat anak remaja Anda menyadari bahwa keluarga mereka selalu mencintai dan menghargai mereka apa adanya.

2. Pantau interaksi anak di media sosial

Sempatkanlah untuk memantau halaman media sosial anak remaja Anda beserta interaksi mereka dengan teman-temannya di sana. Jika Anda merasa anak remaja Anda telah berperilaku tidak sopan atau tidak peka terhadap orang lain, pastikan Anda membicarakannya dengan mereka dan jelaskan mengapa perilaku yang seperti itu tidak pantas.

Setelah itu, berusahalah memercayai kemampuan anak remaja Anda untuk memperbaiki perilakunya. Kemungkinan besar, Anda akan terkejut ketika mereka mulai mengambil arah baru yang lebih positif.

3. Tunjukkan pada anak bahwa penampilan bukanlah segalanya

Tekankan fakta bahwa penampilan yang bagus atau menggunakan barang-barang bermerek terbaik tidak akan mencerminkan diri anak secara keseluruhan.

Katakanlah kepada anak remaja Anda bahwa mereka harus mengurangi atau melepaskan hal-hal berbau materialistis. Setelah itu, minta anak untuk melihat respons dari dunia di sekitar mereka yang ternyata tidak terlalu memerhatikan penampilan mereka. Dengan begini, anak remaja Anda akan menyadari bahwa penampilan yang menurut mereka luar biasa bukanlah segalanya bagi orang lain yang melihatnya.

4. Abaikan pembicaraan anak yang selalu meninggikan dirinya sendiri

Mulailah mengabaikan anak remaja Anda saat mereka terus-menerus memuji dirinya sendiri. Di sisi lain, jangan mengkritik atau mencoba mengoreksi anak sepanjang waktu.

Jika Anda tidak memerhatikan perilaku narsis anak, itu dapat mengubah tren mereka sekaligus mendorongnya untuk berperilaku lebih sederhana.

Moms, perilaku narsis memang sering terjadi pada kebanyakan remaja. Sebagai orang tua, Anda harus memastikan bahwa Anda memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat untuk anak-anak Anda guna menghindari perilaku yang bermasalah seperti narsisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News