Bugar

Anak Mengalami Anemia? Ini 5 Makanan Penambah Darah saat Anemia

Anak Mengalami Anemia? Ini 5 Makanan Penambah Darah saat Anemia

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang bisa menjadi penambah darah untuk anak yang sedang mengalami anemia.

Penyakit anemia bisa membuat anak menjadi lesu dan tidak bertenaga. Oleh karena itu penting memberikan makanan penambah darah untuk mengatasi anemia yang sedang dialaminya.

Penggunaan suplemen, vitamin, dan makanan bayi kaya zat besi bisa direkomendasikan untuk mengatasi anemia pada anak atau balita.  

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa makanan yang bisa menjadi penambah darah untuk anak yang sedang mengalami anemia, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Mengatasi Diabetes dan Anemia, Ini Sederet Manfaat Jantung Pisang Lainnya

1. Kismis

Makanan penambah darah untuk anemia yang pertama adalah kismis. Kismis menjadi pilihan buah penambah darah lainnya yang wajib dicoba. 

Diungkapkan di Postgraduate Medicine, yang menyatakan bahwa kismis mampu menjaga kesehatan jantung dan rendah natrium sehingga mengandung sumber kalium yang baik. 

2. Oatmeal 

Makanan penambah darah untuk anemia yang kedua adalah oatmeal yang merupakan camilan bergizi yang disukai banyak anak.

Oatmeal juga kaya serat, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk anak-anak dengan masalah perut atau pencernaan, termasuk sembelit, dikutip dari Journal of American Medicine.

3. Cokelat hitam

Makanan penambah darah untuk anemia yang selanjutnya adalah cokelat hitam. Ia menawarkan suguhan kaya antioksidan yang dapat membantu meningkatkan asupan zat besi anak. 

Selain daging, cokelat hitam adalah salah satu makanan paling kaya zat besi yang dapat dimakan balita.  

4. Ikan

Makanan penambah darah untuk anemia yang lainnya adalah ikan dan cobalah untuk memasukkan ikan ke dalam makanan balita karena makanan ini bergizi tinggi. 

Ikan juga merupakan sumber protein yang sangat baik, dan beberapa ikan, seperti makarel dan salmon, yang kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dan otak. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 9 Gejala Utama Anemia Pada Anak dan Cara Mengatasinya

5. Jeruk 

Makanan penambah darah untuk anemia yang terkahir adalah jeruk. 

Konsumsi jeruk yang kaya flavonoid mengurangi peradangan di tubuh, yang mengurangi tekanan darah dan kekakuan di arteri sekaligus meningkatkan aliran darah.

Selain itu, makan jeruk setiap hari secara rutin akan membantu menjaga kekebalan dan imunitas tubuh karena kaya akan vitamin C. 

Namun jika gejala anemia pada anak semakin parah, ada baiknya segera periksakan anak ke rumah sakit. 

Itulah beberapa makanan yang bisa menjadi penambah darah untuk anak yang sedang mengalami anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News