HOME, Keluarga

Anak Jenuh Belajar di Masa Pandemi? Simak Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Anak

Anak Jenuh Belajar di Masa Pandemi? Simak Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Anak

MOMSMONEY.ID - Siapa bilang pandemi hanya membawa kejenuhan bagi Moms saja? Nyatanya, anak-anak juga bisa mengalami kejenuhan terutama ketika belajar!

Jenuh belajar memang selalu dirasakan hampir setiap orang, termasuk anak-anak. Terlebih lagi di masa pandemi jadwal belajar jadi tak menentu, kadang lewat tatap muka, kadang belajar di rumah.

Kejenuhan akibat belajar di masa pandemi nyatanya membawa pengaruh buruk bagi kesehatan mental anak loh, Moms! Untuk itu, Moms perlu tahu apa saja tips menjaga kesehatan mental anak yang sedang jenuh belajar.

Melansir dari Dancow, yuk simak tips-tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Intip Pola Makan yang Baik untuk Usia 40 Tahun-an, Yuk!

Komunikasikan Segalanya

Ibu dan Anak Remaja

Moms, coba bertanya & mengkomunikasikan semua yang dirasakan anak agar unek-uneknya bisa Moms dengarkan. Namun, jangan terlalu memaksa anak untuk berbicara. Tunggulah hingga anak bercerita dengan sendirinya.

Nah khusus untuk Moms, cobalah untuk mendengarkan & memahami dari sisi sang anak apa saja yang membuat si anak jenuh. Perbanyaklah mendengar daripada berbicara.

Coba juga komunikasikan kepada sang ayah bahwa anak sedang jenuh sehingga anak merasa dirangkul oleh kedua orang tuanya.

Sesekali, ajak anak untuk melakukan kegiatan yang disukainya. Dngan begitu, kondisi mentalnya kembali membaik.

Baca Juga: Promo Xi Bo Ba 25-27 Oktober 2021, Payday Diskon 70% via ShopeeFood

Rutinitas Kegiatan Jelas

Kejenuhan selalu berawal dari kegiatan yang tak pasti. Terlalu sering berada di rumah kadang membuat jadwal jadi berantakan. Bagi anak yang tak terbiasa, maka akan kesulitan saat belajar tatap muka.

Untuk itu, diskusikan bersama anak untuk membuat jadwal kegiatan rutinitas yang jelas namun tidak terlalu padat. Biasakan agar anak mengikuti jadwal tersebut.

Kejenuhan perlahan akan menghilang karena disiplin waktu yang dibiasakan oleh sang anak.

Baca Juga: Tips Membuat Ayam Bakar yang Empuk & Tidak Gosong

Jalin Komunikasi bersama Teman-teman

Ilustrasi anak bermain di pantai

Meski sedang pandemi, jangan putuskan komunikasi anak bersama teman-teman. Meski tetap harus menjaga prokes saat sekolah tatap muka, namun mengobrol ringan bersama teman-teman menjadi obat ampuh dari kejenuhan.

Nah apabila belajar di rumah, usahakan juga agar anak menjalin komunikasi setidaknya lewat video call atau telfon bersama teman-temannya.

Coba juga untuk melakukan kegiatan zaman dahulu seperti surat menyurat kepada teman-teman agar lebih seru.

Baca Juga: Resep Manisnya Waffle Ice Cream Saus Coklat

Area Belajar Nyaman

Coba buatlah sebuah area kecil yang memiliki pencahayaan bagus serta kedap suara sebagai area belajar yang nyaman bagi anak.

Area belajar yang nyaman & terhindar dari banyak suara yang mengganggu dapat menurunkan tingkat kejenuhan belajar anak. Cara ini dapat membuat mental anak terjaga.

Selanjutnya: Promo Mingguan J.CO 25-31 Oktober 2021, 6 Donuts & JCool To Go Hanya Rp 96.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News