HOME, Keluarga

Anak Insomnia, Coba 7 Cara Sederhana Ini untuk Mengatasinya

Anak Insomnia, Coba 7 Cara Sederhana Ini untuk Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Insomnia adalah ketidakmampuan seseorang untuk tertidur atau tetap tertidur di malam hari yang mengakibatkan tidur terasa tidak menyegarkan atau non-restoratif. Sering kali, masalah ini dapat teratasi dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Meski begitu, jika yang mengalami insomnia adalah anak, maka sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk segera menanganinya agar tidak mengganggu aktivitas mereka di siang hari.

Bagi banyak anak, kesulitan mereka untuk tidur berasal dari kebiasaan mereka di siang hari atau sebelum waktu tidur seperti terlalu banyak makan makanan manis di siang hari atau menonton TV tepat sebelum jam tidur. Selain itu, alasan umum lainnya di balik insomnia anak antara lain stres, kafein, efek samping obat, dan permasalahan medis seperti Sleep Apnea dan Restless Leg Syndrome.

Ketika insomnia terlanjur anak alami, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya sekaligus mengembalikan kualitas tidur mereka sebagaimana dilansir dari HelpGuide sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Ayah dan Anak untuk Memperkuat Ikatan

1. Pastikan anak menggunakan ranjangnya hanya untuk tidur

Jika memungkinkan, doronglah anak Anda untuk menggunakan ranjang mereka hanya untuk tidur atau melakukan ritual sebelum tidur seperti membaca buku. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak mengasosiasikan tempat tidur dengan aktivitas lain selain istirahat dan relaksasi.

Pastikan juga untuk tidak menggunakan kamar anak untuk menerapkan time-out agar mereka tidak mengasosiasikannya dengan hukumun. Adapun time-out sebagaimana dilansir dari Hello Sehat adalah metode mendisiplinkan anak dengan cara memindahkan anak ke satu tempat. Saat pindah ke satu tempat tersebut, anak akan mendapatkan konsekuensi tidak boleh bicara dengan siapa pun sehingga mereka akan bosan dengan situasi tersebut dan jera untuk mengulangi kesalahannya lagi.

2. Atur kamar tidur anak senyaman mungkin

Sebagian besar anak-anak akan tertidur dengan nyenyak di dalam ruangan yang agak dingin bersuhu sekitar 65 derajat. Jika ada kebisingan di luar kamar anak, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan white noise untuk membantu meredamnya.

Supaya waktu tidur anak tidak terganggu, selalu ingat juga untuk memastikan bahwa tempat tidur mereka tidak dipenuhi oleh banyak mainan.

3. Tetapkan waktu tidur yang sama bahkan di akhir pekan

Tak jarang, orang tua membiarkan anak-anak mereka tidur larut malam di akhir pekan dan bangun siang pada keesokan harinya. Padahal, itu berisiko merusak waktu tidur anak yang sudah terjadwal rapi. Sebaiknya, cobalah untuk tetap menjaga jadwal tidur anak agar selalu sama bahkan di akhir pekan.

Hal ini dilakukan guna memudahkan anak Anda untuk bangun dan tertidur secara alami. Ketika anak Anda bangun tidur melebihi 1 jam di akhir pekan, itu artinya mereka tidak cukup tidur selama seminggu.

4. Pastikan anak Anda tidak tidur dalam keadaan terlalu lapar atau kenyang

Camilan ringan seperti susu hangat dan pisang sebelum tidur memang menjadi ide yang bagus.

Namun, makanan berat yang Anda berikan dalam waktu 1-2 jam sebelum mereka tidur justru dapat menyebabkan anak tetap terjaga dan sulit tidur. Jadi, pastikan untuk tidak melakukannya supaya anak Anda dapat tidur tepat waktu.

5. Dorong gaya hidup aktif

Olahraga teratur bermanfaat untuk mencegah kegelisahan di malam hari. Disarankan bagi Anda untuk mendorong anak-anak Anda melakukannya setidaknya selama 1 jam setiap hari.

Meskipun begitu, pantaulah anak-anak Anda untuk tidak melakukan aktivitas berat dalam waktu 3 jam sebelum tidur supaya tidak mengganggu tidur malamnya.

6. Tetapkan batas penggunaan barang elektronik

Cahaya biru yang dipancarkan oleh TV, ponsel, tablet, dan video game dapat mengganggu siklus tidur / bangun tubuh dan membuatnya lebih sulit untuk tidur.

Matikanlah segala perangkat elektronik setidaknya 1 jam sebelum anak tidur dan simpan barang-barang tersebut di luar kamar mereka selama jam tidur.

7. Habiskan waktu bersama

Beberapa anak ingin begadang karena mereka mendambakan lebih banyak perhatian orang tua. Jika Anda dan pasangan sama-sama sibuk bekerja pada siang hari, maka sempatkanlah untuk menghabiskan waktu bersama anak pada malam harinya. Bahkan, hanya dengan bertanya kepada anak tentang teman atau minat mereka bisa sangat membantu tidur mereka nantinya.

Pada anak yang masih bayi, luangkanlah waktu selama beberapa menit untuk menyanyikan mereka, melakukan kontak mata, atau berinteraksi dengan cara yang lembut saat mereka sedang bersantai di malam hari.

Itulah 7 cara yang bisa Anda terapkan untuk membantu mengatasi insomnia yang anak alami. Supaya membuahkan hasil, selalu ingat untuk melakukannya secara konsisten dan jangan ragu untuk menghubungi dokter apabila kondisi insomnia anak semakin memburuk. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: 5 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kualitas Hubungan Pernikahan Jadi Makin Romantis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News