HOME, Keluarga

Anak Gemar Main Air? Jangan Keburu Dilarang, Simak Manfaatnya

Anak Gemar Main Air? Jangan Keburu Dilarang, Simak Manfaatnya

MOMSMONEY.ID - Sebagai orang tua, tentu Anda harus pintar-pintar dalam menentukan metode parenting yang efektif untuk masing-masing anak Anda. Hal ini juga berlaku dalam menentukan kegiatan apa yang sekiranya bisa membuat anak bersenang-senang sekaligus belajar.

Salah satu kegiatan yang layak untuk Anda biasakan kepada anak adalah bermain air. Kendati sederhana, siapa sangka jika kegiatan yang satu ini ternyata menyimpan beragam manfaat yang positif bagi tumbuh kembang anak Anda lho.

Mampu memberikan pengalaman yang kaya dan berharga untuk mengembangkan kreativitas serta imajinasi, inilah 4 manfaat bermain air bagi anak-anak sebagaimana dilansir dari laman Kids Club.

Baca Juga: 4 Tips Kecantikan ala India yang Bisa Anda Coba di Rumah

1. Mengembangkan keterampilan motorik

Bermain air akan memberikan anak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar di berbagai rentang usia. Dengan bermain air, anak akan meningkatkan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata mereka melalui tindakan seperti menuangkan, menyemprotkan, menggosok, mengaduk, dan meremas.

Bermain air bisa menjadi pengalaman sensorik yang luar biasa bagi anak karena mereka bisa berkenalan dengan tekstur dan suhu. Ini juga akan membantu anak menguasai genggaman yang memungkinkan mereka memegang pensil dengan benar di sekolah.

2. Melatih keterampilan memecahkan masalah

Bermain air memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi suatu zat dan menciptakan penemuan baru tentang zat tersebut.

Saat anak Anda bermain-main dengan bak air berisi perahu kertas atau mainan yang mengapung, itu akan mengajarkan mereka secara praktis tentang bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Yang paling penting, bermain air akan mendorong anak untuk menggunakan imajinasi dan mengembangkan pemikiran kreatif mereka yang memainkan peran penting dalam pemecahan masalah.

3. Mendukung perkembangan bahasa

Ada banyak kata baru yang mungkin anak pelajari ketika mereka bersenang-senang dengan air.

Saat Anda menemani si kecil bermain air, pastikan untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang menarik kepada mereka. Hal ini dilakukan untuk memperluas pemikiran anak Anda, memperluas memori, dan mendukung ide-ide mereka.

4. Mendukung pertumbuhan sosial-emosional

Bermain air akan melepaskan energi, menyegarkan, sekaligus menenangkan pikiran anak. Kegiatan ini juga bisa meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi pada satu aktivitas serta mendorong permainan peran dan keterampilan sosial yang penting seperti kerja sama dan berbagi.

Ketika Anda mengikutsertakan anak-anak lain ke dalam kegiatan bermain air anak Anda, mereka akan belajar untuk bekerja dengan satu atau beberapa anak lainnya, memahami pentingnya bergiliran, serta berbagi ruang dan aksesori dengan teman-teman mereka.

Demikian 4 manfaat positif bermain air bagi tumbuh kembang anak. Oh iya, Moms. Jangan lupa untuk memastikan tubuh anak dalam kondisi fit sebelum mereka bermain air dan selalu perhatikan juga faktor keamanan selama si kecil bermain-main dengan air ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News