HOME

Anak Bergejala KIPI Usai Vaksinasi Covid-19, Segera Lakukan Ini

Anak Bergejala KIPI Usai Vaksinasi Covid-19, Segera Lakukan Ini

MOMSMONEY.ID - Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun telah dimulai sejak Selasa (14/12). Satgas Penanganan Covid-19 pun meminta orang tua tidak panik apabila anak yang menerima vaksin Covid-19 mengalami indikasi gejala kejadian ikutan paska imunasi (KIPI).

Beberapa indikasi gejala tersebut mulai dari nyeri pada lengan bekas suntikan, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, menggigil, mual atau muntah, rasa lelah, demam yang ditandai suhu diatas 37,8 derajat celsius, maupun gejala mirip flu dan menggigil selama 1-2 hari.

"Kami meminta masyarakat untuk tidak panik. Orang tua bisa melakukan upaya penanganan dini," ujar Juru Bicara Satgas Penangangan Covid-19 Wiki Adisasmito.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

Adapun, penanganan dini yang bisa dilakukan orang tua yakni membuat anak cukup istiraha dan jika perlu meminumkan obat penurun panas. Selanjutnya, anak diupayakan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. 

Bila anak merasakan nyeri di tempat bekas suntikan, lengan tersebut diusahakan untuk tetap digerakkan dan digunakan.

"Apabila perlu, kompres bagian yang nyeri dengan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin setelah melakukan penanganan dini," kata Wiku.

Usai melakukan penanganan dini, orang tua pun segera melaporkan temuan KIPI yang dialami anak ke puskesmas atau ke sentral vaksinasi. Ini akan menjadi input evaluasi pelaksanaan vaksinasi ke depannya serta seperti apa penanganannya.

Seperti diketahui, target sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun sebanyak 26,5 juta. Pelaksanaan awal dimulai di Jakarta, Banten dan Depok. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News