HOME, Keluarga

Anak Balita Anda Terus Mengoceh dan Tak Mau Diam? Bisa Jadi Inilah Alasannya

Anak Balita Anda Terus Mengoceh dan Tak Mau Diam? Bisa Jadi Inilah Alasannya

MOMSMONEY.ID - Ketika anak balita Anda mulai belajar berbicara, tentu akan menjadi suatu hal yang membahagiakan bagi Anda dan pasangan bukan? Tapi, tak jarang mereka mengharapkan percakapannya berlanjut sepanjang hari tanpa mau menghiraukan bahwa Anda sedang sibuk.

Faktanya, semakin sibuk Anda, maka semakin anak bersemangat untuk membombardir Anda dengan berbagai pertanyaan yang cenderung berulang-ulang. Kendati demikian, yakinlah bahwa kecerewetan anak yang demikian bukanlah sesuatu yang buruk. Justru, hal tersebut merupakan cara terbaik bagi anak guna mengejar kebutuhan naluriahnya untuk mengobrol.

Supaya Anda tidak bingung menghadapi anak yang terus mengoceh dan tidak mau diam, yuk cari tahu dulu 5 alasan di balik perilaku anak yang demikian sebagaimana dilansir dari Child Development Institute sebagai berikut!

Baca Juga: Punya Anak Balita? Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Para Orang Tua

1. Respons Anda membuat mereka merasa aman

Saat anak balita Anda mulai gemar mengeksplorasi dunia di sekitarnya, mereka cenderung membutuhkan kehadiran Anda untuk memberikan dorongan dari belakang.

Suara Anda yang akrab dan komentar yang antusias akan membantu anak untuk terus aktif. Ketika Anda memberikan respons yang positif terhadap perilaku mereka, itu akan memberinya kepercayaan diri untuk menjelajah lebih jauh dan mencoba lebih banyak hal baru.

2. Obrolan Anda menjadi permainan baru yang menarik bagi mereka

Percakapan sangat penting untuk perkembangan bahasa anak Anda. Jadi, wajar saja jika mereka ingin mencoba kata dan frasa baru ketika Anda mengajaknya berbicara.

Saat percakapan berlangsung, anak balita Anda membutuhkan tanggapan Anda sebagai bukti bahwa mereka telah mengucapkan kata-katanya dengan benar. Oleh sebab itu, tak perlu heran jika anak Anda terus-menerus mengoceh dan enggan untuk diam tatkala Anda memulai pembicaraan dengan mereka. Ambilah napas dalam-dalam dan jawab setiap perkataan anak dengan penuh perhatian ya.

3. Mereka ingin berbagi penemuannya dengan Anda

Dunia ini seperti peti harta karun bagi anak-anak Anda. Ke mana pun anak balita Anda melihat, mereka akan menemukan keajaiban dan teka-teki baru untuk dirayakan bersama Anda.

Meskipun apa yang anak temukan adalah hal-hal sederhana dan terkesan sepele seperti menemukan cara membuka wadah, menggambar wajah, membuat suara lucu, atau menemukan bentuk dan tekstur yang tidak biasa, namun berusahalah untuk tertarik ketika mereka menunjukkannya kepada Anda.

Selain itu, jangan pernah bosan ketika anak terus-menerus menanyakan perihal apapun yang terasa membingungkan bagi mereka ya. Karena, momen ini bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi mereka untuk belajar hal-hal baru.

4. Mereka ingin memahami apa yang sedang terjadi

Ketika memasuki masa balita, anak Anda akan mulai tertarik pada pengaturan sehari-hari. Misalnya, saat Anda hendak pergi, mereka pasti ingin tahu ke mana Anda akan pergi dan apakah Anda akan mengajak mereka untuk pergi bersama atau tidak. Atau, ketika Anda mengajak mereka berbelanja bersama, anak Anda mungkin ingin tahu barang apa saja yang akan Anda beli.

Selain bertanya, anak balita Anda juga kemungkinan akan tertarik untuk membantu Anda. Jadi, tenangkanlah diri Anda ketika mereka menanyakan hal yang sama berkali-kali tentang situasi yang sedang terjadi.

5. Percakapan membuatnya merasa dekat dengan Anda

Pada saat tertentu, anak balita Anda mungkin akan memecah konsentrasi Anda dengan cara membanjiri ocehan khas mereka kepada Anda. Kendati demikian, hal itu justru dapat berdampak positif bagi mereka. Bagi anak, Anda adalah orang paling istimewa dalam hidupnya sehingga percakapan yang intens akan membuat mereka selalu merasa dekat dengan Anda.

Dikarenakan anak balita belum menguasai seni percakapan, jadi kemungkinan mereka akan mengatakan apapun yang muncul di kepalanya. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memberikan respons yang anak dambakan guna mencegah kemarahan mereka. Sering-seringlah mengangguk dan tersenyum dengan sesegera mungkin ketika mereka mengajak Anda berbicara.

Moms, itulah 5 alasan yang paling memungkinkan anak balita Anda terus berbicara dan tidak mau diam. Meski akan terasa merepotkan ketika harus menanggapi setiap ucapan mereka, pastikan Anda selalu bersikap tenang dalam menghadapinya ya. Semangat, Moms!

Selanjutnya: 5 Perkataan yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua kepada Anak, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News