HOME

Anak Anda Sulit Tidur Cepat? Yuk, Simak Tips Berikut Ini untuk Membantu Mengatasinya

Anak Anda Sulit Tidur Cepat? Yuk, Simak Tips Berikut Ini untuk Membantu Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Sebagian besar orang tua pasti merasakan bahwa menidurkan anak-anak bukanlah tugas yang mudah. Pasalnya, tingkat aktivitas anak cenderung meningkat saat waktu tidur mendekat. Oleh sebab itu, para orang tua harus tegas untuk mendisiplinkan waktu tidur anak jika tidak mau anak begadang dan terlambat pergi ke sekolah keesokan harinya.

Untuk membantu Anda menidurkan anak dengan lebih mudah dan cepat, ada 7 tips yang MomsMoney lansir dari Firstcry Parenting untuk Anda praktikkan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ciptakan lingkungan tidur yang baik

Penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan memainkan peran besar dalam menentukan kualitas tidur anak. Adapun beberapa hal yang dapat memudahkan anak untuk tidur lebih cepat yaitu mengurangi tingkat kebisingan, pencahayaan minimal, dan suhu optimal.

Baca Juga: Inilah Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit, Cari Tahu Yuk!

Artinya, jika Anda tinggal di lingkungan yang bising, pastikan Anda tidak lupa menutup jendela dan pintu saat memasuki waktu tidur anak. Apabila anak Anda takut gelap, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap mematikan lampu atau menggunakan lampu yang lebih redup karena ruangan dengan sedikit cahaya dapat meningkatkan kemampuan anak untuk tidur dengan cepat. Terakhir, usahakan untuk menyediakan AC atau mesin pendingin di kamar anak Anda terutama selama musim panas.

2. Membacakan buku cerita

Untuk anak-anak pra-sekolah, mendengarkan cerita adalah cara yang bagus untuk membuat mereka menantikan waktu tidur. Membacakan buku cerita kepada anak sebelum tidur bukan hanya tentang menjadi orang tua yang penyayang, melainkan juga bisa memberikan manfaat yang positif bagi mereka. Penelitian menunjukkan bahwa membacakan cerita sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur pada anak-anak di bawah 6 tahun.

Jika Anda adalah orang tua yang juga bekerja, Anda bisa membuat rekaman suara untuk menceritakan cerita yang ingin Anda sampaikan pada anak saat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk bercerita secara langsung.  Anda juga dapat menyematkan instruksi ke dalam rekaman tersebut guna mengarahkan anak untuk membuka halaman buku yang sama dengan yang sedang Anda bacakan.

3. Jangan biarkan anak bermain gadget sebelum tidur

Meskipun anak-anak Anda cenderung keras kepala, akan tetapi Anda harus bersikap sedikit ketat kepada mereka apabila Anda menginginkan anak tidur dengan nyenyak. Dalam hal ini, Anda harus mencegah anak untuk bermain gadget menjelang tidur.

Studi menunjukkan bahwa cahaya yang dipancarkan dari layar komputer, ponsel, dan televisi dapat menghambat produksi melatonin. Melatonin sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal dan berfungsi untuk membantu menginduksi tidur.

4. Ciptakan kebiasaan makan yang baik

Percaya atau tidak, kebiasaan makan anak dapat memengaruhi kemampuannya untuk tidur dengan nyenyak. Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak membiarkan mereka menikmati makanan manis dan dessert saat makan malam mengingat makanan dalam kategori ini dapat memengaruhi tidurnya nanti. Studi dari Columbia University menunjukkan bahwa makan makanan berlemak dan makanan manis bisa mengganggu tidur.

Jadi, berikanlah anak-anak Anda makanan yang tepat dan sehat seperti pisang alih-alih cookies atau gulali. Mengapa pisang? Karena, pisang mengandung triptofan yang diketahui memiliki efek positif untuk membantu mengatasi insomnia.

Selain pisang, Anda juga bisa memberikan anak-anak Anda makanan kaya serat untuk membantu mereka tidur dengan mudah.

5. Mengobrol sebelum tidur

Untuk anak-anak yang sedikit lebih tua (5-8 tahun), berbicara dengan mereka sebelum tidur akan menjadi sangat penting dan bermanfaat untuk mendorong mereka berbagi pengalamannya di sekolah atau menceritakan masalah kecemasan yang mungkin sedang anak alami. Jika benar anak Anda sedang mengalami kecemasan, berbicara akan memudahkan Anda untuk segera membantunya, mengingat kecemasan adalah salah satu penyebab kurang tidur.

Intinya, sempatkanlah waktu Anda untuk berbicara dengan anak tentang sekolah atau hal lain dalam kesehariannya. Pasalnya, kualitas tidur anak yang buruk sangat mungkin disebabkan oleh peristiwa yang sedang mereka alami. Selain membantunya tidur, mengobrol sebelum tidur juga dapat menghasilkan solusi yang kemungkinan anak Anda butuhkan.

6. Arahkan anak untuk rajin berolahraga

Sebuah studi yang dilakukan oleh Monash University di Australia menunjukkan bahwa olahraga tidak semata untuk menjaga kebugaran melainkan juga mendorong tidur yang nyenyak.

Pada pagi atau siang hari, arahkan mereka untuk lebih banyak bermain di luar ruangan bersama teman-temannya sebagai cara yang menyenangkan bagi anak untuk berolahraga. Meski anak tidak menganggapnya sebagai olahraga, namun bermain di luar ruangan tetap dikategorikan sebagai olahraga karena cenderung mengandalkan aktivitas fisik.

7. Tetapkan jadwal bangun tidur

Sama halnya dengan tidur, jadwal bangun tidur juga harus ditetapkan dengan baik dan dilakukan secara konsisten. Jika Anda membiarkan anak Anda bangun terlambat di pagi hari, anak tidak hanya bisa terlambat pergi ke sekolah melainkan juga bisa tidur lebih larut pada malam harinya.

Jadi, usahakan untuk membangunkan anak Anda lebih awal di pagi hari apabila Anda menginginkan mereka tidur lebih awal dari biasanya pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News