HOME, Keluarga

Anak-Anak di Rumah Bertengkar Terus, Lakukan Cara ini Agar Mereka Akrab

Anak-Anak di Rumah Bertengkar Terus, Lakukan Cara ini Agar Mereka Akrab

MOMSMONEY.ID - Persaingan antara saudara kandung biasanya berkembang ketika masing-masing dari mereka berupaya untuk mendapatkan cinta dan apresiasi dari orang tua.

Bisa saja, setiap anak tidak segan untuk saling memukul, berteriak, dan menghina satu sama lain demi memenangkan perselisihan.

Meski fenomena tersebut merupakan bagian alami dari pertumbuhan terutama pada anak-anak yang masih kecil, namun tak jarang orang tua pusing dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Nah, sebagai acuan, berikut ini MomsMoney bagikan kiat-kiat yang bisa Anda coba untuk mengatasi anak-anak yang tidak akur supaya bisa menjadi lebih akrab satu sama lain sebagaimana dilansir dari Mayo Clinic. Catat baik-baik, ya!

Baca Juga: Anak Anda Pendiam? Begini Cara Mengatasinya

1. Penuhi kebutuhan masing-masing anak

Memperlakukan anak-anak secara seragam memang terkesan adil. Namun, setiap anak tentulah memiliki karakter dan kebutuhannya masing-masing.

Nah, alih-alih memberikan mereka barang-barang yang sama, alangkah baiknya Anda fokus untuk memenuhi kebutuhan unik dari setiap anak. Misalnya dalam hal hadiah, pertimbangkanlah untuk membelikan anak sesuatu yang berbeda sesuai minat mereka masing-masing. Jika anak pertama Anda menyukai badminton maka belikanlah mereka raket, namun jangan memberikan anak Anda yang lainnya raket juga apabila mereka menyukai hal-hal berbau seni.

2. Jangan membanding-bandingkan

Membanding-bandingkan anak satu sama lain dapat membuat mereka terluka, tidak aman, dan merasa tidak dihargai. Jika Anda tidak ingin anak-anak Anda memiliki kecemburuan terhadap saudara kandungnya, maka hindarilah untuk membandingkan mereka.

Jangan pernah mendiskusikan perbedaan di antara anak-anak Anda di hadapan mereka ketika sedang berkumpul. Apabila suatu ketika Anda harus memberikan pujian kepada salah satu anak, maka jelaskan juga tindakan atau pencapaian mereka supaya anak yang lain dapat mengerti mengapa saudaranya berhak dipuji pada saat itu.

Ketika memuji salah satu anak, selalu ingat untuk tidak membandingkan kelebihan anak tersebut dengan saudaranya yang tidak memiliki kelebihan serupa.

3. Jangan memihak ketika anak sedang bertengkar

Ketika anak-anak Anda sedang bertengkar, apa yang biasanya Anda lakukan? Apapun itu, pastikan untuk mendorong anak-anak agar bisa menyelesaikan perselisihan mereka sendiri ya.

Walaupun Anda sebenarnya perlu membantu anak-anak Anda untuk menyelesaikan pertengkaran mereka, namun tetaplah menahan diri untuk tidak memihak salah satu dari mereka.

Jika Anda berniat mendisiplinkan mereka, lakukanlah di tempat yang jauh dari keramaian supaya anak tidak menjadi malu.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membantu menyudahi pertengkaran sesama anak ialah dengan mengajak mereka diskusi bersama perihal perilaku mereka terhadap saudara satu sama lain.

Agar situasi kembali kondusif dengan segera, jangan pernah menyalahkan salah satu anak secara berulang kali atas perselisihan yang terjadi.

4. Dengarkan anak-anak Anda

Memiliki saudara sangat mungkin membuat masing-masing anak mengalami frustasi. Jadi, biarkanlah anak-anak Anda melampiaskan perasaan negatif mereka satu sama lain.

Dengarkan secara saksama dan tanggapi curahan hati anak dengan mengakui perasaan mereka.

Anda juga bisa membagikan cerita tentang konflik antara sesama saudara Anda semasa kecil dengan menyelipkan sentuhan humor guna mencairkan suasana.

Pertimbangkanlah untuk mengadakan pertemuan keluarga secara teratur untuk memberikan anak-anak Anda kesempatan berbicara dan menyelesaikan masalah dengan saudara kandung mereka. Tak perlu mewah, agenda semacam ini bisa Anda lakukan pada waktu-waktu seperti makan malam.

5. Tetapkan aturan dasar

Keakraban antara anak tentu dapat diwujudkan dengan mudah apabila Anda membekali mereka dengan aturan berperilaku antar saudara.

Pastikan anak-anak Anda memahami apa yang Anda anggap sebagai perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima ketika berinteraksi satu sama lain dengan saudara kandung mereka. Selain tata cara berperilaku yang baik, Anda juga perlu menetapkan konsekuensi dari perilaku yang salah.

6. Tunjukkanlah rasa cinta Anda

Meskipun Anda diharuskan untuk rutin berkumpul bersama seluruh anggota keluarga kecil Anda, namun menghabiskan waktu berduaan dengan setiap anak juga patut untuk dibiasakan.

Lakukanlah kegiatan khusus dengan masing-masing anak yang sesuai dengan minat pribadi mereka. Jangan lupa untuk mengingatkan setiap anak bahwa Anda selalu ada untuk mereka dan mereka dapat membicarakan hal apa saja yang ingin mereka sampaikan secara terbuka kepada Anda.  

Selanjutnya: 5 Cara Mengajari Anak untuk Menjadi Pribadi yang Tegas, Supaya Tidak Mudah Dibully!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News