ads

Ampuh Meredakan Nyeri Haid dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 26 Juni 2022 | 08:15 WIB
Ampuh Meredakan Nyeri Haid dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini


MOMSMONEY.ID - Nyeri haid adalah rasa yang kerap menghantui perempuan saat menstruasi. Entah terjadi sebelum menstruasi atau selama menstruasi berlangsung. 

Nyeri haid yang dirasakan perempuan kerap membuat tidak nyaman bahkan bisa membuat tubuh lemas dan tidak bisa beraktivitas.  

Nyeri haid  yang dialami perempuan disebabkan oleh beberpa hal seperti adanya kontraksi otot pada harim atau ada dalam kondisi tertentu, dikutip dari Healthline. 

Nyeri haid memang muncul sesekali dalam sebulan dan bukanlah hal yang berbahaya. Namun, Anda perlu waspada jika nyeri haid terasa sangat parah dan muncul setiap kali datang bulan.  

Baca Juga: Konsumsi Bunga Chamomile untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Nyeri haid bisa diredakan dengan beberapa cara dan ada makanan yang juga diklaim ampuh redakan nyeri haid.

Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah makanan yang ampuh meredakan nyeri haid yang bisa anda konsumsi saat merasakan nyeri haid, antara lain: 

1. Telur

Makanan yang ampuh meredakan nyeri haid yang pertama adalah Telur. Telur dapat membantu memerangi PMS karena mengandung vitamin D, B6, dan E.

Sebuah studi menjelaskan bahawa asupan vitamin D dan vitamin B dapat mengurangi gejala PMS, termasuk rasa nyeri dan kram. Kadar vitamin E juga bantu melawan reaksi nyeri saat PMS. 

2. Pisang

Makanan yang ampuh meredakan nyeri haid yang kedua adalah pisang. Pisang kaya vitamin B6 dan kalium yang meringankan rasa kembung pada perut.

Kandungan potasium yang terlalu sedikit dapat memicu terjadinya kram otot. Satu buah pisang menggantikan kalium yang hilang seperti ketika kamu berolahraga selama satu hingga dua jam. 

3. Kacang

Makanan yang ampuh meredakan nyeri haid yang ketiga adalah kacang. Kacang-kacangan juga mampu membantu kamu mengatasi nyeri haid.

Hal ini disebabkan kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin B6 dan magnesium yang bisa membantu kamu meredakan gejala nyeri haid. 

Baca Juga: Sederet Faktor yang Bisa Menentukan Kesuburan Wanita

4. Jahe 

Makanan yang ampuh meredakan nyeri haid yang keempat adalah jahe. Tanaman herbal satu ini juga tak kalah penting. Jahe memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Selain bisa menambah imunitas, kandungan dari jahe juga bisa memberikan efek menghangatkan tubuh, sehingga rasa nyeri haid yang anda rasakan bisa berangsur reda. 

5. Yogurt

Makanan yang ampuh meredakan nyeri haid yang terakhir adalah yogurt. Makanan kaya kalsium ini memiliki kandungan rendah lemak.

Secangkir yoghurt adalah sumber kalsium yang baik, sekaligus mampu memenuhi sekitar 25 persen dari kebutuhan harian Anda.

Selain manfaat yogurt untuk meredakan nyeri haid, rasa segar dari yogurt bisa bantu relaksasi dan memberikan rasa tenang setelah mengonsumsinya.  

Itulah beberapa makanan ampuh meredakan nyeri haid yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan kram pada perut ketika haid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER