HOME, Bugar

Ampuh! 5 Makanan Ini Bisa Membunuh Kanker Prostat

Ampuh! 5 Makanan Ini Bisa Membunuh Kanker Prostat

MOMSMONEY.ID - Kanker prostat adalah jenis penyakit kronis yang paling umum terjadi. Sakit prostat biasanya menyerang pria berusia di atas 55 tahun, tetapi mereka yang lebih muda juga berpotensi untuk terkena penyakit yang sama.

Penyakit ini menyerang kelenjar prostat yang terdapat di antara penis dan anus, dikutip dari Healthline. Penyebab pasti pembesaran prostat jinak (BPH) masih belum diketahui.

Namun, kondisi ini diperkirakan terjadi karena adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan. Ada sejumlah tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah supaya sakit prostat tidak semakin parah.

Antara lain melalui asupan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang kita konsumsi memang memberi dampak besar bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan prostat kita.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa makanan sehat yang bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat yang harus Anda konsumsi secara rutin.

1. Brokoli

Broccoli

Sayuran brokoli merupakan salah satu jenis sayur yang terkenal dengan sifat anti-kankernya. Brokoli mengandung zat khusus yang disebut dengan sulforaphanes yang membantu mengurangi risiko kanker prostat.

2. Tomat

Tomat

Buah tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan alami. Kandungan likopen ini dapat menyembuhkan atau menjaga sel pada prostat.

Baca Juga: Obat Alami Hilangkan Pengar atau Hangover Setelah Minum Alkohol

3. Kedelai

Kedelai

Menurut penelitian, kandungan isoflavon dalam kacang kedelai dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini didukung temuan dari National Cancer Institute (NCI) yang menemukan hubungan antara konsumsi kacang kedelai dengan penurunan kadar antigen spesifik prostat (PSA). 

4. Delima

Delima

Dikenal dengan kaya akan zat antioksidan, buah delima mampu membantu dalam membunuh sel kanker, terutama kanker prostat.

Bagi mereka yang telah menjalani operasi berkaitan dengan kanker prostat, sangat dianjurkan mengonsumsi delima setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Menyembuhkan Asam Urat

5. Kacang-kacangan

Kacang almond

Makanan sehat untuk kesehatan prostat lainnya adalah kacang-kacangan. Dengan Porsi yang tepat dan tidak berlebihan, kandungan pada kacang-kacangan juga mampu menstabilkan testosteron dan DHT.

Para pengidap sakit prostat, termasuk kanker, sudah sebaiknya menjaga pola makan agar kondisinya tidak bertambah buruk. Selain itu, mulai terapkan hidup sehat untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Selanjutnya: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News