HOME, Bugar

Ampuh! 4 Bahan Alami Ini Dapat Menghilangkan Brutusan

Ampuh! 4 Bahan Alami Ini Dapat Menghilangkan Brutusan

MOMSMONEY.ID - Brutusan adalah kondisi kulit wajah yang kasar, gatal dan kemerahan, biasanya muncul di area dahi dan pipi. Tentunya brutusan membuat anda merasa tidak nyaman dan menggangu penampilan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menghilangkan berutusan dengan bahan alami. Bahan alami ini dipercaya mampu menghilangkan brutusan. Yuk, cari tahu lebih lengkapnya di sini!

1. Es Batu

Bahan pertama yaitu es batu. Es batu dipercaya mampu menghilangkan rasa gatal saat anda mengalami brutusan. Caranya ambil handuk yang bersih, ambil es batu dan masukkan ke dalam handuk. Selanjutnya, anda hanya menempelkan es batu ke permukaan kulit yang terasa gatal, lalu diamkan selama 30 detik hingga satu menit. Selain menghilangkan rasa gatal, es batu juga dapat  mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. 

2. Cuka Apel

Melansir dari senka.id, cuka apel mengandung zat asetat yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Sehingga, cuka apel mampu menghilangkan dan meredakan brutusan. Caranya cukup mudah yaitu teteskan cuka apel pada kapas bersih. Lalu, usapkan kapas ke area kulit yang bruntusan. Diamkan beberapa menit sebelum kapas diangkat. Namun, cuka apel tidak disarankan untuk anda yang memiliki kulit wajah sensitif.

Baca Juga: 4 Cara Scrub Bibir yang Baik dan Benar

3. Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat khususnya perawatan kecantikan. Madu mengandung anti-bakteri yang dapat mencegah brutusan yang sedang beradang. Selain itu, madu juga memiliki antioksidan, sehingga menghalangi radikal bebas yang dapat memicu munculnya bruntusan dan gatal pada kulit. Caranya mudah sekali yaitu oleskan madu pada area yang mengalami bruntusan, lalu biarkan madu mengering selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

4. Tomat

Selanjutnya ada tomat, tomat mempunyai kandungan yang bersifat anti-radang, seperti beta-karoten, likopen, lutein, vitamin C, dan vitamin E. Oleh karena itu, tomat dipercaya mampu meredakan inflamasi dan iritasi kulit, seperti bruntusan. Anda bisa blender tomat hingga halus, lalu oleskan tomat ke wajah anda. Diamkan beberapa menit hingga tomat mengering dan bilas dengan air bersih. 

Moms, itulah empat bahan alami yang ampuh menghilangkan brutusan di wajah. Namun, jika brutusan semakin mengganggu anda, disarankan anda bisa langsung konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan terbaik. 

Selanjutnya: Inilah Manfaat Double Cleansing Bagi Kulit Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News