CLOSE [X]
ads

Ampas Kopi Ternyata Bermanfaat untuk Kesuburan Tanaman

Sumber: The Spruce
Kamis, 23 September 2021 | 13:49 WIB
Ampas Kopi Ternyata Bermanfaat untuk Kesuburan Tanaman

ILUSTRASI. Ampas Kopi Ternyata Bermanfaat untuk Kesuburan Tanaman.


MOMSMONEY.ID - Kopi tak hanya nikmat dihidangkan sebagai minuman, tetapi juga bermanfaat untuk hal-hal lainnya. Misalnya untuk masker kulit, membersihkan peralatan rumah tangga, aroma ruangan, hingga menyuburkan tanaman. Siapa yang menyangka kopi ternyata dapat menutrisi tanaman?

Layaknya pupuk, kopi cukup efektif untuk menjadi bagian dari pengomposan dan menjauhkan hama tertentu. Dilansir dari The Spruce, bubuk kopi mengandung sekitar 1,45% nitrogen. Mereka juga mengandung magnesium, kalsium, kalium, dan mineral lainnya.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Obat Keluarga Paling Umum Ditanam dan Khasiatnya

Pengomposan dengan kopi akan menciptakan kondisi yang mendorong pertumbuhan bakteri aerobik yang bermanfaat. Kopi juga dapat menambahkan kandungan nitrogen ke dalam tumpukan kompos padat Anda.

Untuk pengomposan ini, Anda dapat menambahkan ampas bubuk kopi dengan sisa makanan dan potongan rumput. Harus ada rasio 4 banding 1 antara bahan kompos cokelat dan bahan kompos hijau (ampas kopi). Jika ini tidak tepat, kompos Anda akan mulai bau, tidak akan memanas, dan gagal.

Ampas kopi tak berakhir menjadi bahan kompos saja loh, Mom. Ampas kopi juga dapat menjadi pupuk bagi tanaman. Selain kandungan yang baik untuk tanaman, ampas kopi juga bahan organik yang dapat meningkatkan drainase, retensi air, dan aerasi di dalam tanah.

Tambahkan saja bubuk kopi langsung ke dalam tanah. Anda dapat menaburkan secukupnya di bagian permukaan tanah. Dengan begitu, ampas kopi ini akan melepaskan nitrogennya. Anda tak perlu khawatir dengan tingkat keasamannya karena kopi bekas sebenarnya hampir memiliki pH yang netral. Namun, ada juga tanaman yang menyukai keasaman seperti wortel, bluberi, azalea, dan hydrangea.

Baca Juga: Halaman rumah terbatas, begini cara mudah menanam cabai di pot

Selain kopi dalam bentuk bubuk, Anda dapat membuat pupuk cair kopi agar lebih mudah dalam menerapkannya. Caranya, tambahkan dua cangkir bubuk kopi bekas ke dalam ember berisi air. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Anda dapat menggunakan ramuan ini langsung ke daun dan batang dengan menggunakan alat semprot.

Anda juga tak perlu khawatir bila ampas kopi mengotori daun karena cara tersebut. Sebab, bubuk kopi bersifar abrasif, sehingga dapat menghalangi tanaman dari serangan hama, seperti siput. Ampas kopi bekas juga akan membantu mikroorganisme (cacing tanah) di dalam tanah untuk hidup karena kopi merupakan sumber makanannya.

Selanjutnya: Manfaat Baking Soda untuk Pembasmi Jamur Tanaman

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru