Bugar

Amankah Madu Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ini 5 Makanan Sehat untuk Diabetes

Amankah Madu Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ini 5 Makanan Sehat untuk Diabetes

MOMSMONEY.ID - Amankah madu dikonsumsi penderita diabetes? Ada beberapa makanan sehat untuk diabetes yang bisa Anda konsumsi.

Penderita diabetes disarankan untuk menghindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis. 

Sebab, diabetes terjadi karena naiknya kadar gula dalam darah yang bisa terjadi karena kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, dilansir dari Mayo Clinic.

Selain itu, kenaikan kadar gula darah dapat dipengaruhi dari konsumsi makanan tertentu dan dilakukan secara terus menerus tanpa memerhatikan efek sampingnya.   

American Diabetes Association memaparkan bahwa setiap makanan yang tersusun atas karbohidrat juga berkontribusi pada kenaikan kadar gula darah.    

Amankah madu dikonsumsi penderita diabetes?

Madu juga dikenal memiliki rasa yang manis, tapi jenis makanan yang satu ini ternyata cukup aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes.   

Madu memiliki kandungan seperti air, gula, antioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi, dikutip dari Mayo Clinic.

Saat mengonsumsi madu, sistem pencernaan akan memproses sukrosa untuk kemudian dilepas menjadi glukosa ke dalam darah.   

Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada pengaruh yang berarti bila Anda menggunakan madu sebagai pengganti gula untuk diabetes.   

Sayangnya, hingga kini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat madu bagi pengidap penyakit diabetes.   

Penelitian juga masih dibutuhkan untuk mencari tahu jenis madu apa yang paling bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes.    

Kesimpulannya, bolehkah penderita diabetes mengonsumsi madu? Jawabannya bergantung pada beberapa faktor. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Bernutrisi untuk Menambah Berat Badan

Terutama, yaitu jumlah madu yang dikonsumsi dan seberapa terkontrolnya gula darah penderita diabetes.   

Jadi, bagi para penderita diabetes dengan kontrol gula darah yang buruk, konsumsi madu sangat tidak dianjurkan. 

Bagaimana pun juga, sebaiknya penderita diabetes mengurangi asupan yang manis-manis.   

Akan tetapi, jika penderita diabetes mampu mengontrol kadar gula darah dengan baik, konsumsi madu dalam batas wajar masih diperbolehkan.   

Apalagi jika hendak menggunakan produk lebah tersebut sebagai pengganti gula. Madu jelas-jelas memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan gula biasa.

Memilih makanan yang baik untuk kestabilan gula darah menjadi kunci utama agar penderita diabetes bisa hidup sehat.

Maka dari itu, sebagai penderita diabetes, Anda tentu perlu memperhatikan makanan yang masuk agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari komplikasi diabetes.  

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah rekomendasi makanan sehat untuk diabetes yang rutin bisa Anda konsumsi, antara lain: 

1. Kacang-kacangan​

Kacang baik sebagai camilan untuk penderita diabetes. Pasalnya, kacang memiliki kandungan yang kaya serat dan protein.

Kacang juga juga mengandung karbohidrat kompleks dan termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.  

Oleh karena itu, kacang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis.   

Menurut Young-Cheul Kim dari University of Massachusetts Amherst, kacang-kacangan terbukti mampu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin.  

2. Jagung

Sebuah studi pada jurnal Food Science and Human Wellness baru-baru ini menemukan bahwa rutin makan jagung setiap hari dapat membantu diabetesi mengendalikan gula darah.

Jagung memiliki nilai glikemik rendah sehingga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes.   

Jagung juga mengandung serat dan pati (jenis karbohidrat kompleks) yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh.

3. Gandum

Biji-bijian utuh merupakan salah satu makanan paling sehat untuk diabetes. Salah satu varian biji-bijian yang banyak difavoritkan dalam diet diabetes adalah gandum  

Gandum termasuk makanan dengan nilai glikemik rendah yang juga tinggi serat. Dua kombinasi menguntungkan ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.  

Baca Juga: Daftar Makanan yang Aman untuk Penderita Vertigo

4. Ubi jalar

Ubi jalar menjadi makanan yang memberi manfaat baik untuk mengendalikan gula darah penderita diabetes. 

Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium dalam makanan ini juga baik untuk penyakit diabetes.

Anda bisa menikmati ubi jalar dengan berbagai cara, mulai dari direbus, dipanggang, atau ditumbuk.  

5. Sayuran berdaun hijau  

Beberapa sayuran berpati mengandung tinggi karbohidrat dengan indeks glikemik yang juga tinggi. Namun, tidak semua sayuran mengandung pati.   

Sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah, dilansir dari Everyday Health. 

Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran hijau tersebut bentuk lalapan, campuran salad, sup, tumisan, dan lain sebagainya. 

Itulah penjelasan tentnang amankah madu untuk dikonsumsi pendertita diabetes dan makanan sehat untuk diabetes yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News