HOME, Keluarga

Amankah Kucing Makan Buah? Ketahui Informasinya Berikut Ini

Amankah Kucing Makan Buah? Ketahui Informasinya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Buah adalah salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin. Ini bisa menjadi tambahan nutrisi, antioksidan yang baik untuk kekebalan tubuh, dan membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Karena sejumlah kebaikan ini, beberapa pemilik hewan peliharaan memiliki keinginan untuk memberikannya kepada hewan-hewan mereka. Bahkan beberapa hewan, seperti kucing dan anjing, juga tertarik untuk mencicipinya. Namun, amankah kucing memakan buah?

Kucing boleh saja dan aman mengonsumsi buah, seperti halnya rerumputan yang dapat membantu pencernaannya. Beberapa buah juga dapat menjadi cemilan yang baik dalam rutinitas diet kucing. Jika Anda tertarik untuk mencoba memberikan buah kepada hewan peliharaan, Anda harus memperhatikan betul buah apa yang akan berikan kepada hewan.

Baca Juga: Ketahui Lama Waktu yang Dibutuhkan Anjing untuk Berolahraga

Dilansir dari Cat-World, beberapa buah dan sayuran aman untuk dimakan kucing, tetapi tidak semuanya. Beberapa buah yang aman untuk kucing antara lain apel tanpa biji, pir tanpa biji, pisang, bluberi, semangka tanpa biji, dan kiwi. Sementara buah yang berbahaya di antaranya adalah anggur, lemon, dan jeruk.

Meski beberapa buah diperbolehkan dan aman untuk kucing, Anda sebaiknya tidak memberikannya secara berlebihan. Sebab, kucing adalah hewan karnivora sejati, yang mana daging adalah makanan utama yang diperlukan kucing.  Apalagi buah-buahan juga mengandung gula yang cukup tinggi. Dilansir dari Petmd, batasi buah dan makanan lainnya hingga 2% dari makanan kucing Anda. Ini sekitar 1 inci porsi setiap hari.

Baca Juga: Hal-Hal yang Membuat Kucing Peliharaan Mengalami Muntah

Selain itu, tak semua kucing menyukai buah. Ini karena kucing tak memiliki reseptor rasa manis seperti manusia. Maka, Anda tak perlu memaksanya memakan buah-buahan. Beberapa kucing juga tidak dapat mencerna buah dengan baik, meski mereka menyukainya. Tanda-tandanya adalah gangguan pencernaan seperti muntah, diare, atau sembelit.

Oleh karena itu, berikan buah dalam jumlah sedikit bila kucing menyukainya. Anda dapat mengupasnya, membuang biji, dan memotongnya kecil-kecil sesuai ukuran mulut kucing. Berikan saat buah masih bagus dan segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News