HOME, Keluarga

Amankah Anjing Peliharaan Memakan Tulang? Ini Jawabannya

Amankah Anjing Peliharaan Memakan Tulang? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Tulang selalu identik dengan anjing peliharaan. Mulai dari bentuk biskuit, mainan, kalung leher, tempat tidur, dan lain-lain. Bahkan tak jarang orang memberi anjing tulang ayam atau tulang sapi untuk dimakan, beberapa juga dijadikan cemilan.

Kebiasaan ini telah ada sejak jaman dahulu. Sebagian orang berasumsi, memberi makan tulang kepada anjing dapat meningkatkan kebersihan gigi, menyehatkan, dan membantu status gizi hewan. Namun ternyata, kebiasaan memberi anjing tulang untuk dimakan adalah sebuah kesalahan. Kenapa?

Dilansir dari FDA.gov, jika Anda memberikan anjing berupa tulang dapat penyakit pada kelangenan tersebut. Alhasil, Anda harus membawa anjing peliharaan tersebut ke dokter hewan untuk kemungkinan menjalani operasi darurat atau bahkan kematian.

Baca Juga: Amankah Kucing Memakan Nasi?

Penyakit yang dilaporkan ke FDA oleh sekitar 90  pemilik dan dokter hewan, anjing yang memakan tulang kerap mengalami penyumbatan pada saluran pencernaan, tersedak, luka di mulut, muntah, diare, dan pendarahan dari rektum.  

Baik mentah maupun matang, tulang sama berbahayanya untuk anjing. Tulang tetap akan terpecah dan dapat menyebabkan banyak kerusakan saat melewati saluran pencernaan. Pemilihan tulang ayam dan tulang kecil lainnya juga dapat menyebabkan cedera saat dikunyah hewan.

Jika Anda memang ingin memberi anjing peliharaan makanan tulang dengan alasan mengunyah memberikan rangsangan mental dan dapat membantu menjaga kebersihan gigi, simak dulu pendapat dokter yang satu ini. 

Dokter hewan Karen Becker, DVM, merekomendasikan agar Anda memilih tulang mentah yang besarnya seukuran dengan kepala anjing untuk dijadikan makanannya. Tulang mentah yang lebih besar akan memungkinkan anjing untuk menggerogoti tanpa khawatir tertelan pecahan tulang yang dapat menyebabkan luka.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Akan Memelihara Reptil

Kendati demikian, Anda harus tetap mengawasi anjing ketika sedang sibuk dengan tulang. Ambil tulang dari anjing setelah 10-15 menit. Kebersihan tulang adalah faktor utama. Jika dibiarkan lebih dari empat jam, masalah kontaminasi bakteri akan menjadi masalah baru.

Tulang mentah sebelumnya dapat disimpan dalam kulkas hingga tiga atau empat hari. Setelah lebih dari itu, buang tulang ke tempat yang tak terjangkau oleh anjing Anda.

Selanjutnya: Manfaat Yoghurt Tawar untuk Kesehatan Anjing Peliharaan

Anda tentu harus mengonsultasikan hal ini kepada dokter hewan. Baik untuk pemberian tulang atau tentang makanan lain agar sesuai dengan anjing Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News