HOME, Keluarga

Amankah Anjing Makan Buah Apel? Ketahui Syaratnya!

Amankah Anjing Makan Buah Apel? Ketahui Syaratnya!

MOMSMONEY.ID - Sebagai hewan omnivora dengan kecenderungan karnivora, anjing juga dapat mengonsumsi buah-buahan. Salah satunya adalah buah apel yang merupakan sumber vitamin, potassium, dan antioksidan. Namun, apakah buah apel akan aman dikonsumsi oleh anjing peliharaan?

Jawabannya adalah ya, apel aman untuk anjing. Beberapa orang tua anjing memang memberikan buah-buahan untuk anak bulunya sebagai cemilan dan bagian dari program diet.

Baca Juga: Anjing Peliharaan Berperilaku Destruktif? Ini Cara Mengatasinya

Dilansir dari AKC, buah apel penuh dengan serat, terutama di kulitnya yang membantu anjing mempertahankan berat badan yang sehat sambil membantu pencernaan mereka. Apel juga mengandung vitamin C yang sangat baik, yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh yang tepat. Selain itu, juga dapat mengatasi regulasi gula darah.

Tindakan mengunyah apel juga dapat membantu membersihkan gigi anjing Anda, tetapi ini bukan perawatan utamanya. Sebab, kulit apel dapat tersangkut di antara giginya, sehingga makan apel tidak boleh menggantikan perawatan gigi biasa.

Kendati demikian, ada beberapa bahaya yang harus diwaspadai, seperti inti dan bijinya. Biji apel beracun untuk anjing bahkan ke manusia juga. Dilansir dari Petmd, biji apel mengandung sianida, bahan kimia yang dapat menyebabkan hipoksida atau kurangnya pengiriman oksigen ke tubuh.

Baca Juga: Awas! Jangan Beri Anjing 6 Jenis Makanan Ini Karena Beracun

Gejala keracunan biji apel seperti selaput lendir berwarna merah bata, pupil-pupil terdilatasikan, sulit bernafas, terengah-engah, dan terkejut. Memakan buah apel berlebihan juga tidak baik untuk anjing karena dapat menyebabkan sakit perut ata diare.

Jika Anda ingin menyajikannya untuk anjing, mulailah dalam jumlah kecil. Anda dapat mengirisnya kebentuk kubus kecil. Awasi ketika anjing makan apel untuk memastikan mereka tidak memiliki reaksi alergi terhadap apel. Jika kemudian reaksi alergi muncul, Anda harus menghentikan pemberian apel dan hubungi dokter hewan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News