HOME, Bugar

Aman Dilakukan, Inilah 5 Tips Diet untuk Penderita Diabetes

Aman Dilakukan, Inilah 5 Tips Diet untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Pasien diabetes yang menjalani diet seringkali kesulitan untuk memilih makanan. Alasannya, takut kadar gula darahnya semakin naik sehingga memparah penyakitnya.  

Namun, untuk pasien diabetes, sekalipun yang mengalami obesitas, sebaiknya tidak sembarangan melakukan diet ekstrem yang bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat.   

Dalam melaksanakan diet untuk diabetes, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kadar gula darah tetap terkendali.  

Baca Juga: Moms Wajib tahu! Inilah 5 Rempah yang Baik Dikonsumsi saat Kehamilan

Dilansir dari Health Focus, inilah lima tips diet untuk penderita diabetes yang aman dan bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Mengatur asupan makanan sesuai kebutuhan kalori

Tips diet untuk penderita diabetes yang pertama adalah mengatur asupan makanan sesuai kebutuhan kalori dan bisa mempertahankan pola asupan makanan yang seimbang. 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengontrol dan menghitung kalori di setiap porsi makanan. Jumlah asupan makanan saat untuk para diabetesi bisa berbeda-beda.  

2. Mengutamakan makanan bernutrisi

Tips diet untuk penderita diabetes yang kedua adalah mengutamakan makanan bernutrisi. Menjaga kadar gula darah adalah kunci hidup sehat bagi pasien diabetes. 

Anda juga perlu mengonsumsi makanan untuk diabetes yang lebih bernutrisi, seperti sayur-sayuran, buah, biji-bijian, ikan, daging rendah lemak, dan makanan yang mengandung susu.  

3. Menerapkan jadwal makan yang teratur

Tips diet untuk penderita diabetes yang ketiga adalah menerapkan jadwal makanan yang teratur. Pasien diabetes diharapkan juga disiplin dalam menjalani pola makan yang teratur. 

Prinsip diabetes ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada pasien diabetes yang minum obat penurun gula darah ataupun mejalani terapi insulin.  

Baca Juga: Konsumsi Makanan Berikut Ini untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

4. Perhitungan karbohidrat

Tips diet untuk penderita diabetes yang keempat adalh memperhitungkan asupan karbohidrat. Metode ini bekerja berdasarkan kebutuhan karbohidrat harian pasien diabetes. 

Perhitungan karbohidrat penting dilakukan karena jenis nutrisi inilah yang akan dipecah menjadi glukosa (gula darah) oleh tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah jadi lebih terkendali.  

5. Olahraga

Tips diet untuk penderita diabetes yang terakhir adalah olahraga. Dalam berolahraga, aktivitas fisik atau olahraga bagi pasien diabetes dianjurkan sebanyak 150 menit per minggu.  

Olahraga untuk diabetes yang dianjurkan adalah olahraga aerobik seperti, lari, jogging, berenang, senam, atau bersepeda.   

Setiap pasien diabetes biasanya membutuhkan strategi diet yang berbeda karena perlu disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.  

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut ke dokter atau spesialis gizi dalam merencanakan diet yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News