Alternatif Cat Rambut, Ini 4 Pewarna Rambut Alami yang Aman Digunakan

Reporter: Ana Risma
Kamis, 01 Desember 2022 | 16:18 WIB
Alternatif Cat Rambut, Ini 4 Pewarna Rambut Alami yang Aman Digunakan

ILUSTRASI. 4 Pewarna Rambut Alami yang Aman Digunakan.


MOMSMONEY.ID - Coba 4 pewarna rambut alami ini untuk mewarnai rambut dengan aman.

Banyak orang memutuskan mewarnai rambut mereka untuk berbagai alasan. Bisa jadi, alasan orang-orang mewarnai rambutnya adalah untuk terlihat trendi atau ingin menutupi uban.

Sebagai solusi praktis dan maksimal, tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek ekstra untuk mewarnai rambutnya di salon atau di rumah saja dengan menggunakan cat rambut siap pakai.

Faktanya, banyak produk cat rambut mengandung bahan-bahan kimia yang berisiko beracun serta merusak rambut seperti amonia dan paraben.

Untuk menghindarinya, Anda bisa beralih ke bahan-bahan alami. Melansir Healthline, berikut 4 pewarna rambut alami yang aman digunakan:

Baca Juga: Gunakan 3 Bahan Alami Ini untuk Rambut Sehat dan Indah Berkilau

1. Jus wortel

Jus wortel

Mau rambut berwarna oranye kemerahan secara alami dan tentunya aman? Semirlah rambut Anda menggunakan jus wortel. Dapat bertahan selama beberapa minggu, tidak sulit untuk mewarnai rambut Anda dengan jus wortel.

Pertama, campurkan jus wortel dengan carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah tercampur merata, oleskan campuran tersebut secara bebas ke rambut Anda kemudian bungkus rambut dengan plastik. Diamkan rambut tertutup plastik setidaknya selama 1 jam.

Setelah 1 jam, bilas rambut dengan campuran air dan cuka sari apel. Jika warna yang dihasilkan tidak terlalu kuat, Anda dapat mengulangi cara ini pada keesokan harinya.

2. Jus buah bit

Buah bit

Jika Anda menginginkan rambut berwarna merah yang lebih pekat dengan cool undertone, semirlah rambut Anda dengan jus buah bit alih-alih jus wortel.

Mirip dengan mewarnai rambut menggunakan jus wortel, hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mencampurkan jus buah bit dengan carrier oil apapun.

Lanjutkan dengan mengoleskan campuran jus buah bit dengan carrier oil ke rambut secara bebas lalu bungkus rambut Anda.

Biarkan campuran mengeras pada rambut setidaknya 1 jam sebelum dicuci.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sunscreen Lokal yang Punya Rating Tinggi, Kualitas Oke Banget

3. Jus lemon

Jus lemon

Jus lemon dapat membantu menghilangkan pigmen rambut secara perlahan dan mencerahkannya dari waktu ke waktu. Jus lemon paling baik digunakan untuk membuat rambut mendapatkan highlight dari matahari secara alami.

Hasil penggunaan jus lemon untuk mewarnai rambut cenderung bersifat permanen. Jika Anda ingin menyingkirkan hasil pewarnaan rambut menggunakan jus lemon di kemudian hari, maka langkah tepat yang bisa Anda pilih adalah memotongnya.

Tuangkan jus lemon ke dalam botol semprotan lalu semprotkan secara bebas ke rambut Anda. Untuk menyebarkan dan memisahkan jus lemon secara merata pada rambut, sisirlah rambut Anda secara perlahan. Untuk hasil optimal, duduklah di bawah sinar matahari setelah jus lemon disemprotkan.

Biarkan jus lemon bertahan pada rambut setidaknya selama 1 jam kemudian cuci hingga bersih. Anda dapat melakukan cara ini sebanyak beberapa kali untuk mencapai warna yang diinginkan.

Karena cara kerjanya yang lambat, kemungkinan Anda membutuhkan beberapa sesi berulang untuk membuat rambut cerah menggunakan jus lemon.

4. Kopi

Kopi hitam

Secangkir kopi hitam yang diseduh tidak hanya dapat memberikan dorongan kafein dan membuat tubuh terasa lebih segar, tetapi juga bisa membantu mewarnai rambut Anda menjadi 1-2 tingkat lebih gelap. Bahkan, kopi juga memiliki kemampuan untuk menutupi sebagian uban pada kepala Anda, lo.

Seduhlah secangkir kopi murni yang memiliki level roasting dark-roast. Setelah itu, campurkan sekitar ½ cangkir kopi yang sudah diseduh tersebut dengan 2 sendok makan bubuk kopi dan 1 cangkir kondisioner rambut tanpa bilas. Oleskan campuran tersebut ke rambut yang bersih dan basah.

Biarkan campuran meresap pada rambut setidaknya selama 1 jam kemudian bilas. Ulangi jika perlu.

Ingat, kopi tidak akan memberikan perubahan drastis pada rambut Anda dan hasilnya pun tidak tahan lama. Namun, kopi tetap recommended untuk Anda pilih jika ingin menghitamkan rambut secara cepat, ekonomis, dan tentu saja aman.

Moms, itulah 4 pewarna rambut alami yang aman digunakan sebagai alternatif cat rambut. Mau coba yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER