HOME, AturUang

Allianz Berikan Solusi untuk Persiapan Keuangan Pasca Pandemi

Allianz Berikan Solusi untuk Persiapan Keuangan Pasca Pandemi

MOMSMONEY.ID – Pandemi belum juga berakhir. Untuk itu, moms dan keluarga perlu mempersiapkan keuangan pasca pandemi nanti. Hal ini penting untuk menghadapi masa depan dengan manajemen risiko serta mengatur cash flow yang lebih baik.

Terkait soal persiapan keuangan pasca pandemi, Allianz Indonesia mengadakan webinar membahas masalah tersebut dengan mengundang Melvin Mumpuni, perencana keuangan dan CEO Finansialku.com.

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Allianz, Melvin membagi beberapa tips dalam mengatur keuangan di masa depan. Yuk simak di bawah ini :

Baca Juga: Promo HUT Bank Mandiri Diskon Rp 230.000 untuk Semua Produk Tiket.com Promo HUT Bank Mandiri Diskon Rp 230.000 untuk Semua Produk Tiket.com

1. Melakukan finansial chek up. Misalnya, moms perlu melakukan pencatatan, pengeluaran dan pemasukan, kemudian bisa mengetahui langkah perencanan keuangan seperti apa yang harus dibuat.

2. Mengatur cash flow yang seimbang dan memahami kebutuhan yang dapat membantu untuk mencapai tujuan keuangan diinginkan, misalnya perlu mempersiapkan dana darurat dan asuransi, karena kita perlu siap menghadapi risiko kehidupan seperti pada masa pandemi ini.

3. Melakukan adaptasi kebiasaan baru setelah pandemi. Sebaiknya, seseorang tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan, tapi juga mencari peluang lain untuk mendapatkan penghasilan baru.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit BNI, Diskon Semua Produk Traveloka Hingga Rp 450.000

Lebih lanjut, Melvin mengatakan, dana darurat yang dibutuhkan masing-masing orang berbeda tergantung pada statusnya. Misalnya, kalau belum menikah membutuhkan tiga kali pengeluaran. Lain hal kalau sudah menikah, membutuhkan enam kali pengeluaran, dan kalau sudah menikah dan memiliki anak, membutuhkan dua belas kali pengeluaran.

Setelah itu, utang konsumtif sebaiknya dilunasi, memiliki asuransi jiwa dan kesehatan yang mencakup perlindungan terhadap penyakit kritis menjadi hal yang cukup krusial untuk melengkapi tingkatan yang disebut keamanan keuangan.

Selanjutnya: Bunga Deposito BCA Turun Lagi, Senin 4 Oktober 2021 Bunga Deposito BCA Turun Lagi, Senin 4 Oktober 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News