HOME, Keluarga

Alih-Alih Bilang Tidak, Begini Cara Tepat Menolak Permintaan Anak

Alih-Alih Bilang Tidak, Begini Cara Tepat Menolak Permintaan Anak

MOMSMONEY.ID - Kebanyakan anak terutama yang masih balita kerap melontarkan segudang permintaan tidak masuk akal atau berlebihan kepada orang tua. Jika peristiwa semacam ini sering Anda alami, bagaimana respons Moms?

Alih-alih menolaknya dengan mengatakan “tidak” secara terang-terangan dan memicu amukan anak, alangkah baiknya Anda mencoba strategi penolakan lain yang lebih efektif. Melansir ParentCircle, inilah empat cara menolak permintaan anak secara tepat.

Baca Juga: Ingin Dekat dengan Anak Remaja Anda? Lakukan 5 Tips Parenting Ini

1. Jelaskan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan

Sejak usia dini, ajarkanlah anak Anda tentang perbedaan antara apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. Jelaskan kepada anak bahwa apapun yang mereka butuhkan untuk menjalani hidup yang sehat disebut kebutuhan, sedangkan sisanya adalah keinginan.

Untuk memperkuat pengajaran ini, Anda bisa memberikan anak beberapa gambar yang berbeda, lalu minta mereka untuk memilih gambar mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan.

2. Berikan anak pilihan

Mengatakan “tidak” secara gamblang atas permintaan anak hanya akan membuat mereka meminta apa yang diinginkan dengan lebih keras kepala. Oleh sebab itu, jangan mengabaikan permintaan anak secara kasar saat mereka meminta Anda untuk mengabulkan keinginannya.

Sebagai gantinya, jelaskanlah kepada anak mengapa Anda tidak bisa memberikan apa yang mereka minta. Pada saat yang sama, berikan anak beberapa pilihan alternatif untuk mereka pilih. Misalnya, jika anak meminta permen yang mengandung banyak pengawet, Anda bisa menawarkan mereka pilihan lain seperti jelly atau sate buah yang terbukti lebih sehat.

3. Ajarkan anak tentang keuangan

Ajarkanlah anak tentang keuangan dan katakan pada mereka bahwa uang yang telah Anda peroleh akan digunakan untuk menyediakan hal-hal yang dibutuhkan oleh keluarga. Jelaskan pada anak bahwa Anda memiliki uang yang terbatas dan mereka harus bisa memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Dengan cara ini, anak akan mempertimbangkan dengan baik apakah mereka benar-benar membutuhkan sesuatu sebelum mereka mengajukan permintaannya. Jika berhasil, Anda pun tidak perlu lagi mengatakan “tidak” kepada anak.

4. Jelaskan sebelum mengajak anak ke suatu tempat

Kebanyakan anak cenderung menuntut saat Anda mengajaknya ke toko atau supermarket. Akhirnya, berbagai barang yang dipajang di rak akan dengan mudah membuat anak tergoda untuk meminta apa yang mereka sukai. Jadi, sebelum Anda mengajak anak berbelanja, selalu ingat untuk menjelaskan kepada anak tentang apa saja yang bisa mereka minta dan apa saja yang tidak boleh.

Hasilnya, anak tidak akan membuat tuntutan atau permintaan yang mengharuskan Anda untuk mengatakan “tidak” dan akan berfokus pada apa yang sudah pasti Anda setujui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News