HOME, Bugar

Alasan Pentingnya Mengonsumsi Vitamin E untuk Tubuh

Alasan Pentingnya Mengonsumsi Vitamin E untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Vitamin merupakan salah satu senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam jumlah kecil. Kebanyakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh bersumber dari makanan yang dikonsumsi dan tidak diproduksi oleh tubuh. 

Tentunya dengan memenuhi vitamin yang dibutuhkan, tubuh dapat berfungsi lebih optimal dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit. Beberapa tahun terakhir, multivitamin E telah menjadi suplemen paling populer karena fungsinya sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Senyawa tokoferol yang ada pada vitamin E bersifat fat soluble atau larut dalam lemak, berbeda dengan senyawa asam askorbat atau vitamin C yang sifatnya larut dalam air. 

Sebagian besar orang hanya mengetahui manfaat vitamin E sebatas pada kemampuannya untuk menghaluskan kulit. Padahal, masih banyak kegunaan vitamin E untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

 Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin E termasuk dalam deretan vitamin yang penting bagi sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bekerja dengan melindungi membran (lapisan terluar) sel kekebalan. Pada membran sel ini, terdapat asam lemak yang mudah rusak akibat radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak suatu sel. Fungsi antioksidan seperti vitamin E yakni melawan dampak radikal bebas dan melindungi sel agar tetap sehat. Pada sel-sel imun, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menunjang kesehatan mata

Manfaat vitamin E yang tak boleh disepelekan lainnya yakni menunjang kesehatan mata. Vitamin E terbukti bisa menjaga kesehatan retina, kornea, dan uvea.

Sebuah penelitian membuktikan, vitamin E dapat mencegah penyakit katarak terkait penuaan. Selain itu, vitamin E juga digunakan untuk mengobati kelainan mata pada bayi yang baru lahir. 

Namun, sebelum minum suplemen vitamin E, Anda wajib berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, pemberian vitamin E dosis tinggi justru bisa memicu kerusakan mata pada penderita retinitis pigmentosa.

Baca Juga: Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

5. Membantu menurunkan risiko penyakit alzheimer

Selain tokoferol, vitamin E juga mengandung senyawa tokotinerol. Penelitian menunjukkan bahwa fungsi anti-inflamasi pada tokotrienol berkontribusi terhadap pencegahan penyakit Alzheimer. 

Vitamin E berperan dalam memperlambat kehilangan memori dan penurunan fungsi otak. Konsumsi vitamin E yang dibarengi dengan vitamin C juga dapat mengurangi risiko demensia.

3. Membantu mengatasi penyakit hati dan ginjal 

Vitamin E tidak dapat mengobati atau mencegah penyakit hati. Namun, nutrisi ini dapat membantu memperlambat atau mencegah penyakit hati jadi lebih parah. Terutama jenis penyakit fatty liver atau perlemakan hati nonalkohol. Selain itu, vitamin E juga membantu efektivitas pengobatan hepatitis B kronis.

4. Nutrisi penting untuk menunjang kehamilan dan perkembangan janin

Bagi kehamilan dan perkembangan janin, vitamin E juga memiliki peranan penting karena berfungsi untuk melindungi asam lemak kritis pada janin. Selain itu, vitamin E pun memiliki dampak positif pada tahap awal pekembangan saraf dan otak.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin E alami untuk menghindari terjadinya kelainan pada janin.

Selanjutnya: Manfaat Buah Anggur Bisa Melemahkan Sel Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News