HOME

Alasan Kenapa Memakai Dua Lapis Masker Penting Buat Perlindungan

Alasan Kenapa Memakai Dua Lapis Masker Penting Buat Perlindungan

MOMSMONEY.ID -  Selain menjaga jarak dan mencuci tangan, menggunakan masker menjadi hal penting agar kita terhindar dari infeksi virus covid-19. Namun, jangan asal dalam memilih masker ini, terutama memilih masker medis yang ada di pasaran. Anda mesti memastikan masker yang Anda gunakan sudah terdaftar sebagai alat kesehatan dan kualitas sudah diaudit oleh Kementerian kesehatan (Kemenkes).

Hal ini penting karena ada banyak masker medis beredar di pasar. Dari harga ratusan rupiah hingga jutaan rupiah. Namun, harga belum tentu menjadi jaminan masker tersebut layak digunakan untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19.

Untuk itu, Anda harus selektif memilih masker tersebut. Arianti Anaya, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bilang, sampai April 2020, ada 996 masker medis yang sudah mendapat  izin edar yang bisa diakses di laman http://infoalkes.kemkes.go.id/. "Jika sudah ada izin edar, masker itu dikategorikan sebagai masker bedah atau masker N95 atau KN95 dan masuk kategori alat kesehatan," kata Arianti.

Baca Juga: Fitur 5G dan RAM 8GB, Redmi Note 10 5G Cuma 3 juta

Namun, pakai masker bedah atau medis tidak menjadi jaminan aman dari paparan virus covid-19. Lebih lagi virus covid-19 varian delta yang lebih cepat menular. Dr. Nafiandi, Sp.PK, Dokter Spesialis Patologi Klinik dari Primaya Hospital Bhakti Wara bilang,  masker medis tak bisa menyaring 100%  partikel.

Selain itu, cara penggunaan masker juga penting, "Seseorang sangat riskan terpapar Covid-19 jika jenis masker yang digunakan salah, cara memakai dan membuka masker salah, sering pegang masker serta tidak menjaga jarak karena tetap berisiko terinfeksi walau sudah memakai masker," ujar Nafiandi.

Masker dua lapis

Untuk itu, Nafiandi menyarankan agar penggunaan masker dilakukan dengan benar.  "Dianjurkan menggunakan masker bedah di dalam dan masker kain di luar karena pemakaian seperti ini akan meningkatkan penyaringan masker dan dapat memblokir 80% partikel,"  tambahnya.

Hal yang sama juga dibilang oleh dr. Wita Prominensa, MARS., SpPK., Dokter Spesialis Patologi dari Klinik Primaya Hospital Pasar Kemis. Penggunaan masker dobel juga bisa mengurangi transmisi sebesar 85% – 95%. Namun untuk masker pelapis kedua, Wita menyarankan pakai masker kain.

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Bernuansa Islami

Namun Wita tak menyarankan anak–anak menggunakan masker dobel karena menyulitkan anak bernapas. Wita juga tidak menyarankan pakai masker dobel sejenis. "Pemakaian masker bedah dobel sejenis tidak direkomendasikan karena tidak memberikan perlindungan lebih baik," ujarnya. Wita juga tidak menyarankan menggunakan masker pelapis untuk masker respirator seperti KN95/N95. Sebab, masker jenis KN95/N95 mampu menyaring 95% partikel dengan ukuran < 0.3 mm. 

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Hari Ini Semakin Melemah, Jumat (23/7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News