HOME

Alami Gejala Mirip Covid-19 Usai Mudik, Satgas Anjurkan Lakukan Tes Secara Mandiri

Alami Gejala Mirip Covid-19 Usai Mudik, Satgas Anjurkan Lakukan Tes Secara Mandiri

MOMSMONEY.ID - Libur Lebaran sudah berakhir. Sudah banyak pula yang pulang dari mudik lebaran. Bagi orang-orang yang merasakan gejala mirip Covid-19 setelah kembali dari mudik pun disarankan untuk melakukan tes Covid-19 secara mandiri.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menerangkan, hal itu dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian.

"Walaupun masyarakat umum tidak diwajibkan melakukan tes setelah mudik, namun, khususnya bagi orang yang merasakan gejala mirip Covid-19, walaupun sudah dibooster, sebagai bentuk kehati-hatian untuk melakukan tes secara mandiri," kata Wiku dalam keterangan pers, Selasa (11/5).

Baca Juga: Sering Insomnia? Ini Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas!

Seperti diketahui pemerintah menyarankan agar kegiatan perkantoran dilakukan melalui work from home (WFH) untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Sementara, bagi aparatur sipil negara (ASN), anjuran bekerja dari rumah mengikuti urat Edaran No. 440/2420/SJ tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Kementerian Dalam Negeri Selama Masa Arus Balik Idul Fitri 1443 H.

Wiku juga mengatakan, bagi ASN, kewajiban tes Covid-19 atau tidak saat kembali bekerja masih menyesuaikan kebijakan di SE Satgas No. 16 tahun 2022 dan adendumnya tentang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri.

"Khusus bagi ASN, sesuai imbauan Menpan-RB, maka bagi yang selesai melakukan mudik untuk melakukan tes sebelum masuk kerja ke wilayah kerjanya," kata Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News