Santai

Alami dan Natural, Ini 5 Cara Melembabkan Kulit Kering

Alami dan Natural, Ini 5 Cara Melembabkan Kulit Kering

MOMSMONEY.ID - Ternyata ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk membantu merawat kulit kering.

Masalah kulit kering adalah masalah umum yang sudah banyak dirasakan baik wanita dan pria.

Kulit kering sendiri biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti cuaca, rusaknya barrier kulit, dan juga gangguan kulit lainnya.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam, Yuk!

Cara-cara alami pun juga banyak digunakan untuk membantu merawat kulit kering supaya tetap sehat dan lembap.

Nah, berikut ini ada beberapa tips dan cara untuk merawat kulit kering agar tetap terjaga kelembapannya secara alami:

Maksimalkan pelembab

Setelah selesai mandi, ada baiknya untuk menggunakan pelembap seperti minyak, krim, maupun lotion tubuh secara langsung. Tujuannya, agar produk pelembap tersebut bisa mengunci kelembapan kulit yang kering setelah aktivitas mandi.

Pastikan untuk langsung melembabkan kulit setelah mandi dan juga setelah mencuci muka atau tangan untuk mengembalikan kelembapannya.

Mandi dengan air hangat

Melansir dari laman American Academy of Dermatology Association, sebaiknya mandi dengan menggunakan air hangat dibanding air panas saat kulit terasa kering.

Air panas bisa melunturkan minyak alami dalam kulit yang berguna untuk melembabkan kulit. Pastikan juga untuk mengurangi durasi mandi. Hindari mandi dengan durasi lebih dari 10 menit.

Baca Juga: Inilah 4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Apa Saja?

Gunakan humidifier

Berguna sebagai pelembap udara, humidifier juga sebaiknya digunakan di dalam ruangan. Cuaca panas, kering, dan kontaminasi udara dalam ruangan bisa membuat gatal dan iritasi yang mungkin muncul pada pemilik kulit sensitif dan kering.

Maka dari itu, cobalah untuk memasang beberapa pelembap ruangan atau humidifier di beberapa ruangan di dalam rumah. Tujuannya, untuk menjaga kelembapan ruangan dan membantu sirkulasi udara dalam ruangan.

Pilih produk anti alergen

Produk yang mengandung bahan anti alergen akan membuat kulit menjadi tidak mudah kering. Laman Mayo Clinic menyarankan, agar menggunakan produk mandi seperti sabun batang atau sabun cair yang tidak mengandung parfum.

Gunakan sabun pada area yang dibutuhkan dengan jumlah yang cukup. Hindari juga menggunakan loofah dan batu mandi untuk menghindari kulit menjadi makin kering.

Minum cukup

Penyebab utama yang sering menyebabkan kulit menjadi kering adalah karena kurangnya hidrasi dalam tubuh. Minum cukup minimal 8 gelas setiap hari bisa membantu meningkatkan hidrasi dalam tubuh.

Dari situ kemudian tubuh dan organ bisa berfungsi dengan baik untuk memproduksi bahan-bahan pelembap kulit alami.

Nah, itulah tadi tips dan cara alami yang bisa membantu merawat kulit kering. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News