HOME, InvesYuk

Akankah Investasi Apartemen Menarik di 2022? Simak Ulasannya Berikut Ini

Akankah Investasi Apartemen Menarik di 2022? Simak Ulasannya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Hunian vertikal atau apartemen adalah salah satu sektor yang terdampak pandemi sejak 2020. Permintaan apartemen sebelumnya masih didominasi oleh investor, yang umumnya menahan investasinya saat pandemi berlangsung karena  ketidakpastian perekonomian.

Menurut Dani Indra Bhatara, Direktur Coldwell Banker Commercial, apartemen termasuk sektor yang kurang diminati di tahun 2020-2021 dikarenakan adanya ketidakpastian dalam progress pembangunan.

Selain itu, faktor lainnya berasal dari rendahnya capital gain, serta turunnya permintaan sewa akibat pekerja dan expatriate yang pulang ke negaranya atau menerapkan work from home (WFH) . 

Baca Juga: Berinvestasi Apartemen Lewat KPA, Harus Paham Risikonya

"Permintaan masih terjadi khususnya untuk end-user dan pada produk-produk yang memiliki keunggulan, seperti kedekatan dengan transportasi massal (LRT, KRL, MRT). Lalu, kemudahan cara bayar seperti cicilan sangat ringan hingga waktu angsuran ke developer yang sangat panjang, hingga adanya promosi khusus seperti diskon dan tambahan furniture/home appliance, " ujar Dani pada KONTAN. 

Tahun 2022 diperkirakan belum menjadi momen peningkatan yang berarti bagi apartemen. Akan tetapi, bisnis dan ekonomi yang masuk ke masa pemulihan akan mendorong investor untuk kembali mencari prospek investasi yang salah satunya adalah apartemen.

"Namun serapan lebih akan terjadi pada developer yang memberikan kemudahan-kemudahan bagi calon konsumen, dan dalam jumlah yang masih relatif terbatas," kata Dani. 

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Masih Terkoreksi di Awal Pekan, Senin (22/11)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News