HOME, Keluarga

Ajak Anak Belajar Bahasa Mandarin di StoryLand

Ajak Anak Belajar Bahasa Mandarin di StoryLand

MOMSMONEY.ID – Belajar bahasa Mandarin sedang popular belakangan ini. Jika ingin anak  belajar bahasa Mandarin sejak dini, salah satu pilihannya, bisa ikut kelas bahasa Mandarin di StoryLand dari StoryChopsticks yakni lembaga kursus bahasa Mandarin yang berbasis di Singapura.

StoryLand merupakan sekolah virtual dua dimensi dalam platform Gather, yang didesain untuk memancing kreativitas anak. Di dalam platform ini, anak belajar di rruang kelas virtual bersama para guru lewat video, mengeksplorasi lingkungan virtual yang banyak bertuliskan aksara Mandarin. Selain itu, juga bersosialisasi dengan teman dari manca negara.  

Ketika Facebook, Microsoft dan Google berusaha menciptakan metaverse untuk aktivitas sehari-hari, pendiri StoryChopsticks Sun Yuanxin mengatakan, ia ingin menggunakan metaverse untuk pendidikan. Metaverse merupakan realitas digital tempat orang bisa berbagi ruang virtual, semacam media sosial tiga dimensi yang bisa diakses secara real time. Di dalamnya, kita bisa belajar, bekerja, bermain, dan bersosialisasi. 

Baca Juga: Tips Mendisiplinkan Anak Secara Positif, Tak Perlu Kekerasan! Tips Mendisiplinkan Anak Secara Positif, Tak Perlu Kekerasan!

Keberadaan StoryLand akan menggantikan sepenuhnya metode belajar StoryChopsticks yang sebelumnya pakai video conference. Dilengkapi dengan buku cerita dan flashcard, metode pengajaran ini akan mendorong anak-anak berimajinasi secara mandiri, dan terpacu untuk membuat cerita versi mereka sendiri menggunakan flashcard.

Untuk peluncuran StoryLand, StoryChopsticks telah mengundang sedikitnya 200 anak dari sekitar 10 negara di dunia, yaitu Amerika Serikat, Australia, Taiwan, Indonesia, Malaysia, Singapore, India, Ukraina, Kamerun, Jerman, dan Inggris untuk berpartisipasi dalam StoryLand Online Carnival. Anak bergabung dalam berbagai kegiatan, seperti mengikuti sesi dongeng, permainan, serta bersosialisasi dengan anak-anak lain. 

Psikolog Klinis Anak dari TigaGenerasi Putu Andani berpendapat sejumlah studi menunjukkan bahwa salah satu cara efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan tingkat pemahaman anak melalui gamifikasi. Sebagai contoh, game pada umumnya memberikan misi kepada para pemain untuk mencapai kenaikan level.

Baca Juga: Deretan Film Animasi Legendaris Yang Bisa Anda Saksikan Bersama Keluarga

Menurutnya, serupa dengan itu, akan sangat menarik apabila aktivitas belajar online bisa menawarkan pengalaman belajar sekaligus bersosialisasi. Terutama saat pandemi seperti sekarang, interaksi sosial sudah jauh menurun. Putu mengingatkan pentingnya memilih aktivitas online dengan tepat agar waktu screen time anak bisa optimal. 

StoryChopsticks mulai beroperasi untuk siswa di Indonesia pada Desember 2020, dan menawarkan pendekatan yang ramah untuk anak-anak belajar bahasa Mandarin, yaitu melalui storytelling buku cerita bergambar.  Mulai 1 September 2021, StoryChospticks menyelenggarakan belajar online melalui StoryLand, sekolah virtual dalam platform Gather, yang didesain untuk memancing imajinasi dan kreativitas anak.

Selanjutnya: Buka Tabungan BRI Junio Bisa Dapat Hadiah Senilai Rp 4 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News