BisnisYuk

AirAsia Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Lampung

AirAsia Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Lampung

MOMSMONEY.ID - Indonesia AirAsia membuka rute domestik terbaru Jakarta-Lampung. Penerbangan perdana dilakukan pada 16 April lalu.

Rute ini merupakan rute baru domestik kedua di tahun ini, setelah Jakarta-Solo yang mulai terbang pada 15 April.

Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi pembukaan rute ini. "Sungguh merupakan kebahagiaan bagi kami, AirAsia Indonesia bisa hadir melayani penerbangan di Lampung, yang memang sudah kami harapkan sejak lama," kata Arinal.

Director of Flight Operations Indonesia AirAsia, Captain Wuri Septiawan menyambut baik ]dukungan Pemerintah Daerah akan pembukaan rute Jakarta-Lampung untuk AirAsia.

"Terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Radin Inten II, atas dukungan yang luar biasa sehingga kami dapat mewujudkan pembukaan rute Jakarta-Lampung ini," tuturnya.

Berdasarkan data angkutan udara dari PT Angkasa Pura II, pergerakan penumpang di Bandara Radin Inten II Lampung pada tahun 2022 mencapai 689.886. Jumlah itu naik sebesar 56% jika dibandingkan pergerakan penumpang pada tahun 2021 yaitu 440.895.

Sementara pada Triwulan pertama 2023, pergerakan penumpang sudah mencapai 175.798 yang terdiri dari 89.375 penumpang berangkat dari Bandara Radin Inten II dan 86.423 penumpang datang ke Bandara Radin Inten II.

Baca Juga: AirAsia Terbang Langsung dari Jakarta ke Perth, Cek Jadwal Penerbangan

Untuk pergerakan pesawat, periode tahun 2022 mencapai 5.648, naik 3% dibandingkan pergerakan pesawat pada 2021 yaitu 4.595. Sementara, di triwulan pertama 2023, pergerakan pesawat sudah mencapai 1.393, yang terdiri dari 696 pesawat berangkat dari Bandara Radin Inten II dan 697 pesawat datang ke Bandara Radin Inten II.

“Dengan membuka rute ini, Indonesia AirAsia berkontribusi dalam memberikan pilihan penerbangan yang terjangkau, dan dengan demikian diharapkan akan dapat membawa lebih banyak penumpang  berwisata ke provinsi Lampung,” imbuh Captain Wuri.

Executive General Manager (EGM) Bandara Radin Inten II Lampung Untung Basuki berharap frekuensi penerbangan rute Jakarta-Lampung dapat ditambah.

"Kami juga berharap Indonesia AirAsia akan membuka rute-rute baru dari Lampung dengan harga tiket yang kompetitif dengan mengikuti ketentuan Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," ucap Untung.

Dengan pembukaan rute ini potensi pariwisata Provinsi Lampung diharapkan akan semakin berkembang. Sebab, rute ini terkoneksi dengan berbagai rute internasional AirAsia seperti Singapura dan Malaysia yang merupakan sumber pasar wisatawan mancanegara utama untuk Indonesia.

Baca Juga: AirAsia Ride Bisa Dipesan Jauh-Jauh Hari, Begini Cara Pemesanannya

Pembukaan rute penerbangan ini juga mendukung arus mudik Lebaran 2023, di mana tiket telah habis terjual hingga hari Raya Idul Fitri 2023.

AirAsia memulai penerbangan ini dengan frekuensi empat kali (4x) seminggu. Dengan dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan dan PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandar Udara Radin Inten II, rute ini diharapkan akan dapat menjadi populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News